nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ledakan di Mal Malaysia Tewaskan Tiga Orang, Lukai Sedikitnya 29 Lainnya

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 18:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 04 18 1986818 ledakan-di-mal-malaysia-tewaskan-tiga-orang-lukai-sedikitnya-29-lainnya-EkfjJdIZOD.jpg Suasana setelah ledakan di CityONE Megamal di Kuching, Sarawak, Malaysia, 4 Desember 2018. (Foto: Bernama)

KUCHING – Sebuah ledakan yang terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di Kuching, Negara Bagian Sarawak, Malaysia pada Selasa, 4 Desember sekira pukul 3.30 sore waktu setempat. Insiden itu dilaporkan menyebabkan tiga tewas dan sedikitnya 29 lainnya mengalami luka-luka.

Dikutip dari Channel New Asia Selasa (4/12/2018), Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ledakan itu terjadi di restoran makanan cepat saji NeNe Chicken di CityONE Megamall, Kuching yang sedang direnovasi. Penyebab ledakan diduga karena kebocoran gas.

Petugas pemadam kebakaran dan polisi telah dikerahkan ke tempat kejadian.

"Ada total 29 korban - empat luka berat, sementara tiga tewas. Sisanya menderita luka ringan," kata Direktur Departemen Pemadam Kebakaran Sarawak, Khirudin Drahman.

Seorang saksi bernama George Sting (39) mengatakan ledakan itu terjadi di sebuah toko yang sedang direnovasi.

"Saya sedang membeli pizza di depan toko ketika tiba-tiba, ledakan kuat terjadi. Para pekerja toko berlarian keluar dan beberapa dari mereka terluka parah," katanya kepada Bernama ketika ditemui di tempat kejadian.

Video-video terjadinya ledakan telah beredar di media sosial. Salah satu video yang diunggah oleh kantor berita Bernama menunjukkan lantai dasar dari pusat perbelanjaan dipenuhi puing-puing. Teriakan dari para korban yang panik juga bisa didengar.

Foto-foto yang beredar di media sosial juga menunjukkan beberapa korban yang mengalami luka-luka, beberapa di antaranya terlihat dengan pakaian yang robek.

Setidaknya seorang korban menderita luka bakar di wajah dan tangannya.

Seorang saksi menggambarkan mendengar ledakan keras dan merasakan seluruh bangunan bergoyang.

Saksi lain, Grace Lee (23) yang merupakan asisten penjualan di sebuah toko telekomunikasi dekat lokasi mengatakan dia berusah menenangkan pelanggan di tokonya ketika mendengar suara keras.

"Manajemen pusat perbelanjaan segera membuat pengumuman darurat untuk menginformasikan pengunjung agar keluar dari pusat perbelanjaan," katanya.

Wina Simion (46) mengatakan dia duduk di dekat tempat makan siang bersama anggota keluarganya ketika insiden itu terjadi.

"Keluarga kami menikmati pizza di sebuah toko di sini, dan tiba-tiba, kami terkejut oleh ledakan dari toko yang juga menyebabkan meja kami terbang," katanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini