nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jatim Gerebek Produksi Kosmetik Ilegal

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 22:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 04 519 1986819 polda-jatim-gerebek-produksi-kosmetik-ilegal-2E5kPKQ4OT.jpg Foto: Okezone

SURABAYA - Ditreskrimsus Polda Jatim menggerebek rumah produksi kosmetik ilegal di Kediri. Dalam penggerebekan tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yang dijadikan bahan untuk kosmetik.

Selain itu, petugas juga menangkap pemilik kosmetik ilegal bermerk Derma Skin Care (DSC) Beauty berinisial KIL. Kini tersangka menjalani pemeriksaan intensif di ruang penyidik mapolda Jatim.

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Ahmad Yusep Gunawan menjelaskan, bahan yang dipakai tersangka dalam produknya memakai campuran dari sejumlah merek terkenal. Diantaranya vasseline, sriti, sabun papaya, mustika ratu, dan vivo lotion serta marcks beauty powder.

"Lalu bahan-bahan tersebut dicampur dan dikemas ke tempat yang kosong dengan merek DSC Beauty. Rupanya merek tersebut tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," terang Yusep pada wartawan, Selasa (4/12/2018).

 penangkapan

Menurutnya, tersangka memasarkan produknya melalui media massa. Bahkan banyak artis-artis yang menjadi endorse kosmetik ilegal ini. Sebagian besar mereka adalah penyanyi dangdut. Seperti VV, NR, DK, NK, DJB dan MP.

Para artis ini tidak tahu jika komestik yang dipromosikan adalah ilegal. Tersangka KIL mampu menjual sebanyak 750 paket dalam sebulan. Setiap paket dipatok dengan harga Rp 350 ribu dampai Rp 500 ribu.

"Omset komsetik ilegal ini dalam sebulan mencapai Rp300 juta. Praktik ini sudah berjalan 2 tahun. Tersangka dijerat Pasal 197 jo Pasal 106 ayat (1) UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Adapun ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1,5 miliar," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini