nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengaku Bantu ISIS, "Tentara Teladan" AS Divonis 25 Tahun Penjara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 12:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 05 18 1987070 mengaku-bantu-isis-tentara-teladan-as-divonis-25-tahun-penjara-IUvjt4sAy3.jpg Ilustrasi.

HONOLULU - Seorang sersan angkatan darat Amerika Serikat (AS) yang dianggap sebagai seorang prajurit teladan oleh mantan kolega-koleganya dijatuhi hukuman 25 tahun penjara oleh pengadilan federal di Hawaii pada Selasa setelah mengaku bersalah membantu kelompok teroris ISIS.

Sersan Ikaika Erik Kang setuju untuk mengaku bersalah atas empat tuduhan pelanggaran undang-undang anti-terorisme pada Agustus dan menerima vonis 25 tahun penjara.

BACA JUGA: FBI Selidiki Tentara Amerika Serikat yang Terlibat Terorisme

Diwartakan Reuters, Rabu (5/12/2018), Hakim Susan Oki Mollway menerima syarat-syarat permohonan pria berusia 35 tahun itu dalam persidangan Selasa pagi. Kepada pengadilan, Kang mengatakan, dia mengetahui apa yang diperbuatnya salah.

Berdasarkan keterangan Departemen Kehakiman, Kang telah mulai mengekspresikan dukungan untuk ISIS pada awal 2016. Dia ditahan tahun ini setelah memberikan dokumen rahasia kepada seorang agen Biro Penyelidik Federal AS (FBI) yang menyamar menjadi anggota ISIS.

BACA JUGA: Tentara AS di Hawaii Mengaku Bersalah Telah Membantu ISIS

Pengacara Kang mengatakan bahwa kliennya adalah prajurit yang rajin namun memiliki masalah mental. Hal serupa juga disampaikan oleh saudara Kang dan teman-temannya yang meminta pihak berwenang memberikan konseling untuk membantu Kang.

Jaksa federal mengatakan Kang setuju untuk bersumpah setia kepada ISIS dalam upacara palsu yang diselenggarakan oleh agen FBI yang menyamar. Setelah upacara, Kang memberi tahu agen-agen tersebut bahwa dia siap membawa senapannya ke pusat Kota Honolulu dan mulai menembak di mana dia kemudian ditangkap.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini