nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 7,6 SR di Kaledonia Baru Picu Peringatan Tsunami, Warga Dievakuasi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 14:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 05 18 1987122 gempa-7-6-sr-di-kaledonia-baru-picu-peringatan-tsunami-warga-dievakuasi-8mfthWkt8y.jpg Ilustrasi.

NOUMEA - Kaledonia Baru memerintahkan evakuasi warganya dari daerah pantai setelah gempa bawah laut berkekuatan 7,6 skala Richter (SR) yang terjadi di pantai timur wilayah Prancis itu memicu peringatan tsunami.

Menurut keterangan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) yang dilansir Reuters, Rabu (5/12/2018), gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer sekira 155 kilometer sebelah tenggara Kepulauan Loyalty.

Otoritas Kaledonia Baru telah meminta warga untuk pindah ke lokasi dengan jarak lebih dari 300 meter dari pantai dan ketinggian lebih dari 12 meter.

"Kami telah menyalakan alarm di bagian luar Kaledonia Baru tetapi kami tidak memiliki penilaian langsung terhadap potensi kerusakan," kata juru bicara Direktorat Perlindungan Sipil dan Manajemen Risiko Kaledonia Baru.

“Gelombang tsunami yang mencapai 1 hingga 3 meter di atas permukaan air pasang mungkin terjadi di sepanjang beberapa pantai Kaledonia Baru dan Vanuatu,” jelas PTWC. Lembaga itu juga memperingatkan kemungkinan munculnya gelombang dengan ketinggian lebih dari satu meter di beberapa lokasi di Fiji.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini