nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaksa Turki Perintahkan Penangkapan Sekutu Putra Mahkota Saudi Atas Pembunuhan Khashoggi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 16:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 18 1987200 jaksa-turki-perintahkan-penangkapan-sekutu-putra-mahkota-saudi-atas-pembunuhan-khashoggi-QdcikDogZh.jpg Foto: Reuters.

ANKARA – Pimpinan Jaksa Istanbul telah mengajukan surat perintah penangkapan terhadap orang dekat putra mahkota Arab Saudi dan wakil kepala intelijennya atas dugaan merencanakan pembunuhan atas jurnalis Jamal Khashoggi.

Kantor Kejaksaan menyimpulkan, ada kecurigaan yang kuat bahwa Saud al-Qahtani dan Jenderal Ahmed al-Asiri yang dipecat dari posisi mereka pada Oktober merupakan tokoh yang turut merencanakan pembunuhan di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu itu.

BACA JUGA: Pembunuhan Khashoggi: Senator AS Sebut Putra Mahkota Saudi 'Gila' dan 'Berbahaya'

"Langkah jaksa penuntut untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Asiri dan Qahtani mencerminkan pandangan bahwa pemerintah Saudi tidak akan mengambil tindakan formal terhadap orang-orang itu," demikian disampaikan salah satu pejabat Turki sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (5/12/2018).

Perintah penangkapan terhadap Al-Qahtani dan Asiri diumumkan hanya beberapa jam setelah beberapa Senator Amerika Serikat (AS) menyimpulkan bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman terlibat dan bersalah dalam kasus pembunuhan Khashoggi. Usai menerima briefing dari Badan Intelijen Pusat AS (CIA), Senator Bob Corker mengatakan bahwa dia sama sekali tidak ragu bahwa Mohammed bin Salman telah memerintahkan pembunuhan terhadap Khashoggi.

BACA JUGA: Isi Rekaman Suara Pembunuhan Khashoggi Disebut Mengerikan

"Jika dia berada di depan juri, dia akan dijatuhi hukuman bersalah hanya dalam 30 menit," kata Corker kepada wartawan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini