nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Pembangunan Balai Latihan Kerja di Pesantren Dimulai Januari

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 05 337 1987348 jokowi-minta-pembangunan-balai-latihan-kerja-di-pesantren-dimulai-januari-x0CsjW862A.jpg

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mulai membangun Balai Latihan Keterampilan, dan Balai Latihan Kerja di Pondok Pesantren pada Januari 2019.

Pemerintah akan fokus dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi pada tahun depan.

"Karena kita tahu (Balai Latihan Keterampilan, dan Balai Latihan Kerja) akan dibangun di kurang lebih di 1.000 ponpes. Ini Januari harus bisa dimulai," kata Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Kepala Negara juga meminta rencana pembangunan SDM ini dimasukan ke dalam rencana kerja tiap-tiap kementerian. Salah satunya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jokowi menekankan agar kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono itu untuk memberikan sertifikasi kepada tenaga-tenaga teknik di lapangan.

Selain itu, Jokowi juga meminta Kementerian Pertanian untuk memberikan training kepada ratusan petugas penyuluh lapangan (PPL). Training tersebut bisa dilakukan di dalam maupun luar negeri. Apalagi, pemerintah selama ini juga memiliki kerja sama yang baik dengan Taiwan di bidang pertanian.

"Memulai itu (segera) sehingga kita dipertengahan tahun bisa evaluasi secara cepat mana yang efektif untuk meningkatkan skill, dan meningkatkan produktivitas," ujarnya.

Tak hanya tiga kementerian tersebut, Jokowi juga meminta Kementerian BUMN segera meningkatkan kualitas SDM. Begitu juga dengan Kementerian Pariwisata melalui vokasional training.

"Saya kira kementerian-kementerian lain banyak sekali di Kemendikti, Kementerian ESDM, Kemenhub yang berkaitan dengan pengembangan SDM. Utamanya, di kementerian itu sendiri dan juga melibatkan masyarakat di awal-awal tahun mulai dikerjakan," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini