nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Dianugerahi Gelar Adat Melayu karena Berjasa Bebaskan Riau dari Asap

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 22:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 337 1987392 jokowi-dianugerahi-gelar-adat-melayu-karena-berjasa-bebaskan-riau-dari-asap-nbcphyq4J7.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Dok. Kemristekdikti)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mendapat gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara dari masyarakat adat Melayu Riau. Gelar ini rencananya akan diberikan secara resmi saat sang kepala negara berkunjung ke Riau pada 15 Desember 2018 mendatang.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Seri Syahril Abubakar menjelaskan, gelar tersebut diberikan atas jasa presiden dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi di wilayah itu, di antaranya membebaskan Riau dari kabut asap.

"Ini gelar tertinggi dari masyarakat adat Riau bagi presiden," ujar Datuk Syahril dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

(Baca juga: Terima Masyarakat Adat Melayu Riau, Jokowi Kembali Diberi Gelar)

Syahril menyebut, gelar kehormatan adat merupakan gelar yang diberikan oleh LAMR kepada seseorang yang dinilai berjasa luar biasa terhadap masyarakat adat Melayu Riau. Masyarakat adat Melayu Riau lanjutnya, menilai mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah berjasa luar biasa kepada masyarakat adat Melayu Riau.

Jokowi

Selain keberhasilan menghilangkan kabut asap, Presiden Jokowi juga dianggap berjasa dalam hal pengurusan sertifikat tanah. Melalui Peraturan Presiden RI Nomor 86 Tahun 2018 tentang pelaksanaan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), menurut Syahril Perpres itu membuka peluang besar bagi masyarakat adat Melayu Riau untuk mengurus pengakuan berbentuk sertifikat milik bersama atas tanah adatnya.

Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit juga dianggap prestasi Jokowi bagi masyarakat adat Melayu Riau.

(Baca juga: 6 Gelar Kehormatan yang Diperoleh Presiden Jokowi)

Jokowi

Selain itu, di bidang infrastruktur, Jokowi juga dinilai berjasa karena melahirkan proyek strategis nasional di Riau. Kebijakan itu membuat negeri berjuluk Bumi Lancang Kuning itu memperoleh sejumlah proyek strategis nasional, terutama di bidang infrastruktur jalan tol dan pembangkit listrik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penganugerahaan, Datuk Marjohan Yusuf menjelaskan, gelar adat Riau juga sebelumnya pernah disematkan kepada sejumlah tokoh lainnya seperti Ustadz Abdul Somad (UAS), Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, sastrawan Sutardji Calzoum Bahri dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Prosesi penganugerahan gelar terdiri dari beberapa acara, dari sambutan ketua majelis dan pemasangan tanda dan selempang pakaian kebesaran adat dipasangkan Gubernur Riau juga ada pemasangan keris," ujar Marjohan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini