nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengangguran di Kabupaten Tangerang Tinggi, Pemkab Siap Bangun Banyak BLK

Anggun Tifani, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 21:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 05 338 1987377 pengangguran-di-kabupaten-tangerang-tinggi-pemkab-siap-bangun-banyak-blk-XHr38KnRIs.jpg

TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengakui bahwa tingkat pengangguran di daerah masih tinggi. Untuk mengatasi permasalah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berencana membangun sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK).

"Kita adakan BLK yang berstandar nasional sebelumnya ada di jayanti, nanti akan kita bangun lagi lebih banyak. Jadi nanti BLK itu berstandar nasional. Sebelumnya ada satu di Kecamatan Jayanti, nantinya di BLK itu akan disesuaikan dengan kondisi perekonomian dan lapangan kerja," kata Zaki saat ditemui Okezone di Tangerang, Rabu (5/12/2018).

Zaki mengatakan, adanya fenomena banyaknya jumlah pengangguran tersebut menjadi tantangan tersendiri baginya, sebab pertumbuhan populasi penduduk di daerahnya juga cukup tinggi.

"Ini jadi tantangan buat kita karena kita tidak bisa membatasi orang, solusinya ya dengan BLK itu. Nanti dari BLK itu mereka akan diberikan sertifikat," tuturnya.

Menurut data terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang, terdata jumlah penduduk yang bekerja pada Februari 2018 sebesar 5,62 juta orang. Hal itu naik sekitar 108 ribu pekerja jika dibandingkan dengan keadaan Februari 2017.

Pada periode yang sama juga terjadi peningkatan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 7,75 persen menjadi 7,77 persen. TPT lulusan SMP menempati posisi tertinggi dibanding jenjang pendidikan lain yaitu 12,02 persen pada Februari 2018.

Saksikan Live Streaming Bersama Bupati Tangerang dengan Tema "2 Periode Menata Tangerang", Rabu 12 Desember 2018, pukul 14.00 WIB hanya di Okezone.com

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini