nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eksistensi KKB di Papua Dinilai Masih Berlangsung

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 07:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 340 1986951 eksistensi-kkb-di-papua-dinilai-masih-berlangsung-YpgmuDY211.jpg Ilustrasi Gerakan Separatis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kelompok Bersenjata (KKB) di Papua kembali menebar aksinya. Kali ini mereka menyerang kepada 31 pekerja yang tengah membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Kabupaten Nduga, Papua.

Pengamat Intelejen Diyauddin mengatakan jika dari adanya peristiwa tersebut menggambarkan jika eksistensi KKB di Papua masih ada. Meskipun sudah menjadi perhatian bagi pemerintah.

"Kita sadar bahwa eksistensi KKB di Papua masih ada peredaran dan suplai senjata masih berlangsung keluar masuk secara ilegal," ujar Diyauddin kepada Okezone, Rabu (5/12/2018).

Baca Juga: Seorang Prajurit TNI Gugur Ditembak KKB Papua di Distrik Mbua

KKB

Tak hanya itu, menurutnya terdapat hal menarik lainnya terkait penyerangan oleh KKB kepada para pekerja pada 1-2 Desember 2018 di jembatan Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Dimana, sambung dia, kejadian itu sesuai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember.

"Jadi ada hal yang menarik tapi masih perlu kajian mendalam," beber dia.

Sebelumnya diberitakan Okezone, 31 pekerja dari PT Istaka Jakarta tewas diduga ditembak oleh KKB Papua. Diduga penembakan itu dilakukan karena KKB Ndugama pimpinan Egianus Kogoyo tidak terima setelah salah satu pekerja jembatan mengambil foto Upacara Peringatan HUT OPM pada 1 Desember 2018.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini