nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lotte Grosir dan MNC Peduli Gandeng BAZNAS Bantu Nelayan Minahasa Utara

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 340 1987268 lotte-grosir-dan-mnc-peduli-gandeng-baznas-bantu-nelayan-minahasa-utara-XBHHv06BR3.jpg MNC Peduli bersama Lotte Grosir gandeng BAZNAS salurkan bantuan ke nelayan di Minahasa Utara (Foto: Okezone)

MANADO - Lotte Grosir dan MNC peduli menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu nelayan di Desa Lansa, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara dengan memberikan bantuan berupa perahu nelayan dan program pemberdayaan kepada nelayan. Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Lotte grosir terhadap masyarakat yang kurang mampu.

Acara penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis pada saat pembukaan Lotte Grosir Manado, yang beralamat di Grand Meridian, Jalan Ringroad No. 89, Kelurahan Bumi Nyiur, Kecamatan Wanea, Manado, Sulawesi Utara yang dilanjutkan dengan survey lokasi Desa Lansa, Kecamatan Wori, Minahasa Utara.

Direktur Marketing Lotte Grosir, Evi Lionawan mengatakan pemberian bantuan bagi nelayan di Desa Lansa karena adanya kisah tentang Aldy Adilang, nelayan yang menjadi viral karena hanyut di laut lepas selama 49 hari.

"Saya juga sangat prihatin mengenai kondisi lapangan pekerjaan yang digeluti oleh Aldy dan nelayan lainnya, kami cukup prihatin dari Lotte Grosir dan kami berupaya bagaimana bisa menyelaraskan kegiatan CSR kami dengan apa yang dialami nelayan sekitar rumahnya Aldy," jelas Evi Lionawan, Rabu (5/12/2018).

Oleh karena itu lanjut Evi, Lotte Grosir mengajak MNC Peduli dan menggandeng BAZNAS yang sudah cukup lama bekerjasama dengan Lotte Grosir dengan sama-sama memberikan bantuan berupa perahu untuk nelayan.

"Harapan kami perahu ini bisa digunakan untuk para nelayan untuk menagkap ikan dan memiliki hasil usaha yang lebih baik dari sebelumnya, mudah-mudahan program ini bisa berlanjut dan bermanfaat untuk Aldy dan masyarakat sekitar sini," harap Evi.

Head of CSR MNC Group, Tengku Havid Ridwansyah mengatakan bahwa MNC Peduli bersama mitra yaitu Lotte Grosir berharap dengan diberikannya beberapa bantuan perahu beserta alat tangkap ikannya kepada nelayan di Desa Lansa dapat meningkatkan perekonomian mereka agar lebih sejahtera.

"Selain menambah pemasukkan untuk keluarga, juga dapat memberikan kemandirian ekonomi masyarakat sekitar," ujar Tengku Havid.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Utara, Olga C.H Mengko sangat berterima kasih terlebih khusus masyarakat Kabupaten Minahasa Utara dan Masyarakat Desa Lansa atas bantuan berupa perahu yang disampaikan oleh Lotte Grosir dan MNC Peduli.

"Kami mengharapkan tentunya kedepan ada lagi bantuan-bantuan yang lain dan bisa lagi bekerjasama untuk mendapatkan lagi perahu-perahu untuk masyarakat Desa Lansat di Kecamatan Wori," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Program Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS, Anang Fahmi mengatakan, BAZNAS sangat berterimakasih kepada masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi untuk mendonasikan rezekinya kepada para mustahik yang membutuhkan bantuan. Harapannya, dari program ini, masyarakat yang menerima manfaat dapat lebih luas lagi.

"Melalui program ZCD BAZNAS, para nelayan di Desa Lansa tidak hanya akan diberi perahu saja, tapi juga akan BAZNAS dampingi dalam program pemberdayaannya dengan tujuan, pendapatan para nelayan bisa meningkat dan kehidupannya bisa lebih sejahtera," ujar Anang Fahmi.

Jefry Kaendung, salah satu nelayan penerima bantuan perahu sangat bersyukur atas bantuan perahu yang memang sangat diperlukannya dan berharap semoga Tuhan selalu memberkati bagi para penyumbang agar benar-benar menjadi saluran berkat bagi semua orang.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Lotte Grosir yang sudah memberikan bantuan tiga buah perahu bagi kami untuk kami boleh gunakan untuk mengembangkan usaha dari kami nelayan Desa Langsa ini," pungkasnya.

Sebanyak 4 perahu diberikan untuk Desa Lansa, 3 unit perahu berasal dari dana CSR bersama dan 1 unit perahu berasal dari donasi program "Sedekah Bikin Untung" yang diluncurkan Lotte Grosir bersama BAZNAS pada tahun 2016 lalu di Lotte Grosir se-Indonesia. Selain itu juga diberikan bantuan usaha warung dan alat-alat pertukangan kepada orangtua Aldy Adilang.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Marketing Lotte Grosir, Evi Lionawan, Kepala Program Zakat Community (ZCD) Development BAZNAS, Anang Fahmi, Head of CSR MNC Group, Tengku Havid Ridwansyah dan Sekretaris dinas dari Dinas Sosial Minahasa Utara, Olga C.H Mengko, SPd.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini