nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habiskan Masa Tua, NH Dini Pilih Jual Aset Lalu Tinggal di Panti Jompo

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 03:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 512 1986937 habiskan-masa-tua-nh-dini-pilih-jual-aset-lalu-tinggal-di-panti-jompo-5TOvxY2Ggk.jpg NH Dini (Foto: IG @Indonesiaartdocumentary)

SEMARANG – Sastrawan besar NH Dini dikenal sebagai sosok tekun dan mandiri. Meski dua anak yang kini tinggal di luar negeri, namun NH Dini memilih menghabiskan masa tuanya di Tanah Air dengan tinggal di Wisma Lansia Harapan Asri di Banyumanik.

“Secara prinsip beliau itu bukan orang yang suka ngerepotin orang. Di masa tua ikut anak enggak, tapi dia milih menjual aset lalu tinggal di panti jompo. Sengaja memilih di panti jompo karena tidak ingin merepoti anak,” kata Paulus, keponakan NH Dini, Selasa (4/12/2018).

Dia juga menyampaikan, perempuan yang dipanggil dengan sebutan “Eyang Bibi” itu juga sangat menginspirasi melalui karya-karyanya. Sebut saja karya-karya NH Dini di antaranya adalah Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975) atau Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986), dan Hati yang Damai (1998).

“Beliau ini sangat inspiratif, terus dikenal juga sebagai sosok yang mandiri,” kata Paulus kepada awak media yang menunggu pihak keluarga mengambil jenazah NH Dini dari RS Elisabeth Semarang.

NH Dini

Baca Juga: Sastrawan NH Dini Sempat Jalani MRI Sebelum Tutup Usia

Diberitakan sebelumnya, Nurhayati Srihardini Siti Nukatin atau yang dikenal dengan NH Dini meninggal usai terlibat kecelakaan lalu lintas di Tol Tembalang, Kota Semarang. Dia sempat dibawa ke RS Elisabeth untuk mendapat perawatan, namun nahas, nyawanya tak tertolong.

Almarhumah ini dikenal sebagai sastrawan, feminis, serta novelis itu meninggalkan dua orang anak, yakni Marie Claire Lintang Coffin dan Pierre Louis Padang Coffin. Selain itu, perempuan kelahiran Semarang pada 1936 itu juga memiliki empat orang cucu.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini