nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertukar Ilmu, Humas dan Protokol UGM Kunjungi Okezone.com

Rabu 05 Desember 2018 17:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 05 65 1987260 bertukar-ilmu-humas-dan-protokol-ugm-kunjungi-okezone-com-3UWR6puPWa.jpg Kunjungan tim Public Relation and Protocol UGM/Foto: Feri Usmawan-Okezone.com

JAKARTA - Media massa tidak bisa dilepaskan dari keseharian masyarakat. Berbagai informasi akan tersaji di seluruh platform media yakni berupa koran, televisi, radio maupun media online.

Keberadaan media massa membuat masyarakat mudah mengetahui informasi terkini. Realita ini menjadi perhatian serius bagi Public Relations and Protocol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, UGM ingin mengetahui informasi atau berita yang mudah diserap masyarakat.

Berbekal pertanyaan ini, rombongan Public Relations dan Protocol UGM meluangkan waktu berkunjung ke kantor Redaksi Okezone di Komplek MNC Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018). Mereka dipimpin langsung Head Office of Public Relations dan Protocol UGM Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum. Selalu itu, turut juga Haryanto, S.E., M.M, selalu Head of Protocol Division UGM dan staf lainnya.

Selain itu, tim Humas UGM juga bertanya bagaimana agar berbagai artikel yang sudah tayang bisa terdistribusikan dengan baik alias sampai ke khalayak pembaca. Alat apa yang bisa digunakan agar artikel yang sudah tayang di portal resmi UGM mudah diketahui masyarakat.

Kunjungan UGM ke Redaksi Okezone

Rombongan UGM sendiri diterima langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi Okezone.com Fetra Hariandja, Wakil Pemimpin Redaksi Okezone.com Gabriel Abdi Susanto, dan Wakil Redaktur Pelaksana Okezone.com Widi Agustian.

Dalam sesi ramah tamah, perwakilan UGM bertanya tentang berita seperti apa yang layak dimuat di media massa, khususnya okezone.com. Pertanyaan ini juga disampaikan Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Abdi menjelaskan kelayakan satu berita bisa naik di okezone.com tentu ada syaratnya. Berita tersebut harus bermanfaat bagi masyarakat luas, berupa hasil penelitian, prestasi minimal tingkat nasional, dan berbagai kegiatan UGM yang menyentuh lapisan masyarakat atau inspiratif.

Kunjungan UGM ke Redaksi Okezone

"Contoh berita yang bisa tayang di okezon.com misalnya, UGM memiliki hasil penelitian yang bisa menghambat penurunan tanah di Jakarta, lulusan UGM dari keluarga tidak mampu yang meraih cumloude. Kalau seperti ini sudah pasti naik," kata Abdi.

Kebanyakan rilis yang diterima Okezone.com lebih cenderung kegiatan lokal atau cakupannya hanya UGM. Sebagai media berbasis nasional, sulit untuk menyajikan berita yang sifatnya lokal karena, terlebih pembaca okezone berada di Jabodetabek.

Bukan hanya model rilis yang layak tayang, pembicaraan juga menjurus bagaimana menyikapi isu negatif terkait UGM agar tidak semakin ramai di pembaca. Dengan era keterbukaan dan modern seperti saat ini, sulit bagi siapa pun menghentikan aliran informasi.

"Kuncinya, UGM harus memiliki respons cepat untuk memberikan pernyataan. Semakin larut, isu tersebut semakin menggulung di masyarakat. Intinya jangan alergi dengan media dan jabarkan fakta yang ada. Pola seperti ini akan membuat isu terkendali," papar Fetra.

Setelah melakukan tukar pikiran, tim Humas UGM menyempatkan diri melihat langsung dapur redaksi okezone.com.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini