nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komnas HAM dan Warga Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Korban KKB di Nduga

Edy Siswanto, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 08:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 340 1987443 komnas-ham-dan-warga-gelar-aksi-bakar-lilin-untuk-korban-kkb-di-nduga-syINAsJxA6.jpg Ilustrasi Bakar Lilin (Foto: Okezone)

JAYAPURA - Komnas HAM Papua menggelar aksi bakar lilin untuk korban kekerasan di Kabupateh Nduga oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Aksi yang diberi tema 70 lilin Hari HAM dan doa untuk korban pembunuhan Kabupaten Nduga ini, digelar di lapangan Umbi Kota Jayapura, Rabu 5 Desember 2018 malam.

Plt. Kantor Kemenkum HAM Papua, Frits Ramandey mengatakan, aksi yang dilakukan untuk memanjatkan doa kepada Tuhan, agar para korban bisa ditemukan dan segera dievakuasi untuk selanjutnya dipertemukan dengan keluarganya.

"Aksi ini adalah aksi keprihatinan, duka yang mendalam warga Kota Jayapura, semua dengan aksi bakar lilin ini dan doa, para korban bisa ditemukan dan dapat segera dievakuasi kemudian bisa dilihat untuk terakhir kali oleh anak istri dan keluarga," kata Frits.

Baca Juga: Orangtua Korban Penembakan KKB Papua Harap Anaknya Selamat

Aksi Bakar Lilin

Selanjutnya, kata dia, aksi lilin yang diikuti ratusan warga ini, untuk mendoakan tim gabungan TNI Polri bisa melakukan tugas dan evakuasi dengan baik. Termasuk masyarakat di wilayah itu bisa beraktivitas dengan baik dan tidak lagi dihantui rasa ketakutan.

"Semoga tim gabungan bisa segera mengevakuasi para korban, itu doa kita. Dan lagi warga di sekitar, tidak trauma dalam ketakutan. Mereka bisa beraktivitas lagi dengan normal," katanya.

Diberitakan sebelumnya, 15 pekerja korban pembantaian KKB berhasil ditemukan tergeletak di puncak bukit Kabo di Diatrik Hal Nduga. Saat ini semua jenazah telah dikumpulkan untuk selanjutnya pada hari ini rencananya akan dievaluasi melihat cuaca.

Jika memungkinkan akan diterbangkan ke Timika, namun jika tidak akan diterbangkan ke Wamena.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini