nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NH Dini Meninggal Kecelakaan, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 01:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 512 1987413 nh-dini-meninggal-kecelakaan-polisi-belum-tetapkan-tersangka-BiZLRNayEM.jpg NH Dini (Foto: IG @Indonesiaartdocumentary)

SEMARANG – Polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan sastrawan NH Dini meninggal dunia. Novelis bernama asli Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin itu menjadi korban kecelakaan di ruas tol KM 10, Tembalang Semarang.

"Sampai saat ini sopir belum kami tetapkan tersangka. Masih kami lalukan pemeriksaan dan kami ajak rekontruksi di lapangan. Jika ditemukan bukti kuat, kami akan segera tetapkan sebagai tersangka," kata Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi, Rabu (5/12/2018).

Kecelakaan lalu lintas itu melibatkan truk bernopol AD-1536-JU pengemudi Gilang Septian warga Tlahap Jurang, Lesanpuro Kajoran Magelang dengan mobil taksi bernopol H-1362-GG pengemudi Suparjo, warga Gayamsari Selatan RT 7/3 Semarang. Taksi itu mengangkut penumpang NH Dini.

Semula truk melaju dari arah utara (Gayamsari) ke selatan (Tembalang) diduga mengalami kerusakan dan berhenti sesaat di jalur utama. Saat pengemudi akan melanjutkan perjalanan tidak bisa dikendalikan sehingga berjalan mundur hingga membentur mobil taksi korban yang melaju searah di belakangnya.

Baca Juga: Habiskan Masa Tua, NH Dini Pilih Jual Aset Lalu Tinggal di Panti Jompo

NH Dini

Dari hasil olah TKP, truk bermuatan bawang putih itu over kapasitas hingga menyebabkan As roda patah. Akibatnya, truk berjalan mundur tak terkendali. Selain itu, truk juga sudah mengalami kerusakan sehingga saat melaju pada tanjakan justru melaju mundur.

"Truk itu membawa muatan 7,5 ton, sedangkan pada dokumen KIR hanya 5 ton saja, berarti ada over load 2,5 ton. Ini sudah melanggar. Rem juga tidak berfungsi saat menanjak yang mengakibatkan laju kendaraan tidak terarah," lugasnya.

Sopir mengaku sudah berusaha menabrakkan kendaraan ke arah kiri, tetapi karena antara sumbu depan dan belakang tidak seimbang maka melaju tak terkendali ke kanan. "Fakta lain juga ditemukan yakni truk tersebut melaju mundur sejauh 200 meter dari titik berhenti awal hingga menabrak mobil Avanza," jelasnya.

Saat truk tersebut meluncur mundur, di lajur sebelah kanan mobil Avanza warna hitam melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Sopir taksi itu tidak menyadari kalau truk bermuatan bawang tersebut ternyata melaju ke belakang.

"Sopir Avanza tidak menyadari kalau truk bergerak mundur. Akibatnya sulit mengantisipasi hingga terjadi tabrakan. Setelah menabrak Avanza hitam truk oleng ke arah kiri hingga terjang barrier yang ada di sebelah kiri kemudian terguling," pungkasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini