nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sopir Truk Penabrak Mobil NH Dini Resmi Tersangka

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 06 512 1987784 sopir-truk-penabrak-mobil-nh-dini-resmi-tersangka-2Zar1NEWVp.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

SEMARANG - Sopir truk bernama Gilang Septian (28) yang menghantam mobil ditumpangi sastrawan NH Dini resmi ditetapkan jadi tersangka. Polisi bertindak tegas dengan langsung melakukan penahanan.

"Dia sudah ditetapkan tersangka. Tadi sudah saya tanda tangani surat perintah penahanan," kata Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi, Kamis (6/12/2018).

Gilang dinilai lalai hingga menyebabkan truk kelebihan muatan yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia. Mestinya truk yang dikemudikannya sesuai aturan hanya berkapasitas 5 ton.

"Ternyata dia mengangkut di 7.500 kilogram atau 7,5 ton. Sehingga ada over kapasitas hingga 50 persen," terangnya.

h

 (Baca juga: NH Dini Meninggal Kecelakaan, Polisi Belum Tetapkan Tersangka)

Dari hasil pemeriksaan juga diketahui bahwa tersangka membawa muatan hingga over kapasitas atas inisiatif sendiri. Artinya, pemilik truk atau pihak pengirim barang tidak meminta tambahan muatan.

"Kita tetap lakukan pengembangan sehingga tak menutup kemungkinan ada tersangka lain. Untuk pemilik kendaraan akan kita lakukan pengecekan terhadap jadwal berkala pemeliharaan kendaraan," tukas dia.

Tersangka dijerat Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 310 ayat (4), dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun dan/atau denda maksimal Rp12 juta.

 (Baca juga: Habiskan Masa Tua, NH Dini Pilih Jual Aset Lalu Tinggal di Panti Jompo)

nh

Sebelumnya, kecelakaan lalu lintas terjadi antara sebuah truk angkutan bernopol AD 1536 JU dan Toyota Avanza bernomor H 1362 GG pada Selasa 4 Desember. Truk yang dikemudikan Gilang Septian, saat itu mengangkut muatan bawang putih.

Kecelakaan tak terhindarkan lantaran truk diduga kelebihan muatan dan tak kuat menanjak di ruas Tol Tembalang KM 10. Akibatnya, truk bergerak mundur dan menghantam mobil jenis Toyota Avanza di belakangnya yang ditumpangi oleh NH Dini.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini