Bantah Masuk Rumah Sakit, Ma'ruf Amin: Kaki Saya Hanya Terkilir

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 19:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 605 1987813 bantah-masuk-rumah-sakit-ma-ruf-amin-kaki-saya-hanya-terkilir-Swm39lYRKr.jpg Ma'ruf Amin konferensi pers menyusul kabar dirinya sakit (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin membantah kabar yang menyebutkan dirinya masuk rumah sakit lantaran terpeleset di kamar mandi, sehingga tak menjalani aktivitas kampanye Pilpres 2019.

Menurut Ma'ruf, dirinya tidak masuk rumah sakit melainkan sedang rehat sejenak karena kakinya terkilir usai menjalani safari kampanye beberapa kota di Tanah Air. Sakit itu muncul ketika dirinya tak memperhatikan anjuran dokter yang mengimbaunya agar tak memforsir kegiatan sosialisasi.

"Oleh dokter, saya disarankan istirahat beberapa waktu supaya kaki yang terkilir itu bisa pulih. Saya sebenarnya bukan sakit, tidak ada, apa lagi diceritakan saya masuk rumah sakit," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo Nomor 12, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

(Baca Juga: Kakinya Terkilir, Maruf Amin Dijenguk Ketua GNPF Ulama & Pengurus MUI)

Maruf Amin

Meski kaki terkilir, lanjut dia, ia mengaku tetap melayani tamu yang datang silih berganti mendatangi kediamannya. "Jadi, saya tidak pernah berhenti berkomunikasi karena saya tidak bisa ke daerah untuk sementara. Istirahatkan diri sesuai dengan saran dokter. Jadi sebenarnya saya enggak sakit," ujarnya.

Mantan Rais Aam PBNU itu juga menyinggung ihwal beredarnya foto yang memperlihatkan kakinya sangat kurus dan terlihat mengecil. Padahal, kondisi tersebut karena dirinya sedang menjalani program diet.

Hal itu dilakukan sesuai anjuran dokter untuk menurunkan berat badannya yang dinilai terlalu gemuk, yakni 70 KG dengan tinggi 156 cm.

"Oleh karena itu, saya sedikit-sedikit menguruskan diri supaya lebih langsing gitu lho. Jadi, sebenarnya itu hanya diistirahatkan, atas saran permintaan dokter," jelasnya.

(Baca Juga: Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, PKPI Berharap Efek Ekor Jas)

Jokowi-Maruf Amin

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto menyampaikan, Ma'ruf Amin mengalami kaki terkilir setelah menjalani beberapa rangkaian acaranya yang cukup padat dalam bersosialisasi menyongsong Pilpres 2019.

"Saya tanya kiai bagaimana kiai, 'ini saya pas di Papua jalannya cukup panjang terlalu semangat, antusias. Kemudian, ke Lampung kemudian keseleo sedikit kemudian sama dokter disampaikan saya gak boleh kemana-mana dulu. Maka, disini kami yang datang," ucap Hasto.

Berdasarkan agenda yang diterima wartawan, beberapa hari terakhir Ma’ruf memang jarang melakukan kampanye keluar kota. Pasangan Jokowi itu belakangan lebih banyak menerima tamu dan relawan di kediamannya di Menteng.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini