nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Buron, Pembegal Ayah dan Anak di Makassar Berhasil Diciduk

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 06:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 609 1987446 sempat-buron-pembegal-ayah-dan-anak-di-makassar-berhasil-diciduk-KNYOqgrQly.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

MAKASSAR - Pelaku begal yang dialami oleh Afwan (40) dan anaknya Reza (17) di Jalan Kancil, Kecamatan Mamajang, Makassar pada Oktober 2018 lalu akhirnya berhasil diringkus.

Tim Gabungan Jatanras Polrestabes Makassar bersama Resmob Polda Sulawesi Selatan dan Resmob Polsek Mamajang melakukan penangkapan pada Selasa 4 Desember 2018 lalu sekitar pukul 09.00 Wita bertempat di Jalan Maccini, Makassar

Sebanyak tiga pelaku diciduk terpisah, yakni Muhmmad Ikhsan Syahputra alias Ikhsan yang diringkus sebuah di pasar malam yang ada di Jalan Maccini, Makassar. Selanjutnya, polisi kembali menangkap rekannya yaitu Rifaldi alias Tebas. Ia ditangkap di wilayah Kabupaten Gowa, tepatnya Perumahan Zarindah Permai.

Serta Rieynandi Gunawan alias Nandi ditangkap di Kabupaten Gowa Perumahan Pesona Barombong Indah. Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani menyebut ketiga pelaku yang ditangkap memiliki peran beda-beda saat beraksi. Ikhsan berperan sebagai eksekutor, Rifaldi berperan sebagai joki atau pengendara motor. Sementara Nandi berjaga memantau situasi di ujung jalan.

"Jadi malam itu tiga pelaku melakukan curas kepada korban yang bersama-sama dengan anaknya baru saja kembali setelah makan coto dan hendak pulang ke rumahnya," kata Dicky.

Dicky menjelaskan, saat itu korban dan anaknya singgah di Jalan Kancil untuk mengangkat telefon. Tak lama kemudian datang sebuah motor saling berboncengan dari arah belakang dan melambung dari motor korban.

Ilustrasi Begal

Lalu turun pelaku Ikhsan dari motor kemudian menghampiri dan mengambil handphone dari tangan korban. Korban sempat melakukan perlawanan dibantu oleh anaknya dengan cara memukul pelaku.

"Namun saat itu pelaku mengeluarkan senjata tajam jenis pisau kemudian berusaha melukai korban dan mengenai bagian kepala dan tangan dari korban dan anaknya," jelas Dicky.

Sementara handphone korban berhasil diambil pelaku dan dijual via online seharga Rp800.000. Sedangkan uang hasil penjualan ponsel tersebut dibagi-bagi antar pelaku untuk membeli baju. "Serta membeli narkoba jenis obat-obatan," paparnya.

Polisi menyita satu unit motor Yamaha Mio Z warna hitam dan sebilah pisau. Para pelaku kini telah ditahan di sel Mapolsek Mamajang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini