nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ukraina Sebut Rusia Hambat Pelayaran Kapal-Kapal di Selat Kerch

Agregasi VOA, Jurnalis · Sabtu 08 Desember 2018 08:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 08 18 1988440 ukraina-sebut-rusia-hambat-pelayaran-kapal-kapal-di-selat-kerch-S05PpBaPzM.jpg (Foto: Russian Federal Security Service/Reuters)

UKRAINA menuduh Rusia terus memblokade Selat Kerch yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Azov. Dinas Pengawal Perbatasan Ukraina pada Jumat 7 Desember 2018 menyatakan bahwa lebih dari 140 kapal terhambat di kedua sisi selat karena pemeriksaan dan penundaan berlebihan di sisi Rusia.

Para pejabat Ukraina menuduh Rusia menciptakan kemacetan terhadap kapal-kapal Ukraina itu dan menghalangi pelayaran mereka.

(Foto: Getty Images)

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina kembali berkobar pada bulan lalu sewaktu para penjaga perbatasan Rusia melepaskan tembakan ke arah tiga kapal Angkatan Laut Ukraina yang berlayar melalui Selat Kerch, menahan kapal-kapal tersebut berikut awak mereka.

Insiden pada 25 November di Laut Hitam itu merupakan eskalasi konflik terbaru antara Rusia dan Ukraina yang dimulai pada 2014, sewaktu Rusia menganeksasi Semenanjung Krimea di Ukraina.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini