nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Korban Longsor Pacitan Ditemukan Tewas

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 08 Desember 2018 14:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 08 519 1988525 empat-korban-longsor-pacitan-ditemukan-tewas-Ud4qersm23.jpg Evakuasi Korban Longsor di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (foto: BNPB)

PACITAN - Empat korban jiwa banjir bandang dan longsor yang melanda Kabupaten Pacitan, Jawa Timur akhirnya berhasil ditemukan di satu rumah yang tertimpa material longsoran tebing setinggi 5 meter.

Kepala BPBD Kabupaten Pacitan Didik Alih menyatakan 4 korban jiwa tersebut ditemukan di dalam satu rumah, ke empatnya yakni Misgiman (42), Sogirah (46), Bogiyem (72), dan Katinem (58).

Evakuasi Korban Longsor di Kabupaten Pacitan, Jatim (BPBD Pacitan)	Evakuasi Korban Longsor di Kabupaten Pacitan, Jatim (foto: BPBD Pacitan) 

"Mereka ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di satu rumah yang tertimpa longsoran," ujar Didik saat dihubungi Okezone, Sabtu siang (8/12/2018).

Dia menambahkan, dari keempat yang tewas Sogirah, Bogiyem, dan Katinem ditemukan hampir bersamaan sekitar pukul 09.30 WIB, sedangkan satu korban terakhir yang ditemukan yakni Misgiman ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB.

(Baca Juga: Banjir dan Longsor di Pacitan, 2 Orang Tewas dan Ratusan Jiwa Mengungsi) 

Untuk melakukan evakuasi petugas mengerahkan satu unit alat berat ekskavator dan 100 orang personel tim evakuasi dari gabungan BPBD, SAR, relawan, kepolisian dan TNI.

Sebelumnya hujan deras yang mengguyur sejak Jum'at siang 7 Desember 2018 mengakibatkan Sungai Jelok yang merupakan anak Sungai Grinduluini meluap dan meredam ratusan rumah di empat desa.

Evakuasi Korban Longsor di Kabupaten Pacitan, Jatim (foto: BPBD Pacitan)Evakuasi Korban Longsor di Kabupaten Pacitan, Jatim (foto: BPBD Pacitan) 

Tak hanya banjir, derasnya air membuat tebing di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, ambrol dan mengubur rumah beserta penghuninya. Bahkan akibat banjir ini jalan lingkar selatan provinsi di ruas Pacitan - Kebonagung sempat terputus beberapa saat pada Jumat malam.

Sementara Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan 236 jiwa mengungsi akibat banjir bandang dan longsor di Kabupaten Pacitan. Menurut dia, pengungsi di daerah yang terdampak banjir di Dusun Jelok, Desa Kayen, Kecamatan Kebonagung, sebanyak 217 jiwa. Sedangkan, lokasi lonsor berada di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung.

"Pada hari Jumat, 7 Desember 2018 pukul 20.30 WIB telah terjadi Banjir & Longsor di wilayah Kab. Pacitan, sejumlah 236 jiwa mengungsi dan 4 (empat) jiwa dinyatakan hilang," pungkas Sutopo.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini