nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dukung Palestina, Demonstran Tunisia Geruduk Kantor Menteri asal Yahudi

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 13:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 09 18 1988809 dukung-palestina-demonstran-tunisia-geruduk-kantor-menteri-asal-yahudi-zZeb2SDRlW.JPG Demonstran Tunisia gelar demo kecam Israel (Foto: AP)

TUNISIA - Puluhan demonstran pro-Palestina melakukan aksi protes di Ibu Kota Tunisia untuk menentang Israel dan kebijakan-kebijakan zalimnya terhadap Palestina.

Aksi protes pada Sabtu 8 Desember 2018 itu digelar di luar Kementerian Pariwisata. Untuk dikethaui, Menteri Pariwisata Tunisia adalah seorang Yahudi, suatu hal yang tidak umum di negara mayoritas muslim itu.

Dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (9/12/2018), para pengunjuk rasa geram dengan aksi kekerasan yang dilakukan Israel. Mereka menyerukan pembentukan negara Palestina dengans segera.

Massa termasuk kelompok-kelompok sayap kiri mendesak diloloskannya RUU yang akan mengkriminalisasi upaya-upaya untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pemerintah Tunisia lantas meremehkan usulan itu, dan parpol berbasis Islam moderat Ennahdha memperingatkan bahwa RUU semacam itu bisa merugikan hubungan Tunisia dengan negara-negara Barat dan organisasi internasional.

Tunisia, seperti kebanyakan negara Arab, tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Negara itu kerap dijadikan sebagai model toleransi. Namun kini seiring berjalannya waktu, ekstremisme di wilayah itu mulai meningkat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini