nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Masuk Kota Intoleran, Anies Bakal Cek Validitas Survei Setara Institute

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 09 338 1988718 jakarta-masuk-kota-intoleran-anies-bakal-cek-validitas-survei-setara-institute-0B6Ezvz3Fl.jpg Anies Baswedan. (Foto: Arie Dwi/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta Setara Institute memaparkan instrumen pertanyaan yang digunakan dalam survei yang menunjukkan Jakarta masuk dalam daftar kota intoleran dari 94 daerah lainnya di Indonesia.

"Saya ingin baca nanti studinya. Studi apapun kita harus baca, supaya kita mengetahui dan saya menganjurkan pada setara untuk mengumumkan daftar pertanyaanya pada publik, kuesionernya, seluruh kuesionernya," kata Anies saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12/2018).

Apabila Setara berani merinci detail pertanyaan yang diberikan kepada responden, kata Anies, pihaknya akan mengundang ahli statistik untuk membuktikan kevalidan penelitian tersebut.

Anies Baswedan

"Saya (akan) mengundang kepada para ahli statistik, ahli pengukuran ilmu sosial untuk mereview instrumennya. Memastikan bahwa validitas, reliabilitas instrumen itu valid," ujarnya.

(Baca juga: Mendagri Mengapresiasi Penghargaan Indeks Kota Toleran)

Sebagaimana diketahui, berdasarkan survei dari Setara Institute, Jakarta masuk dalam kota yang intoleran. Dari 94 kota yang dinilai Setara, DKI Jakarta berada di urutan 92, di atas Tanjung Balai dan Banda Aceh.

Sepuluh kota dengan predikat toleransi yang rendah yakni Tanjung Balai dengan skor 2,81; Banda Aceh 2,83; Jakarta 2,88; Cilegon 3,42; Padang 3,45; Depok 3,49; Bogor 3,53; Makassar 3,63; Medan 3,71; dan Sabang 3,75.

Jakarta merupakan provinsi yang memiliki lima kota di dalamnya yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Setara Institute melakukan penggabungan terhadap kota-kota tersebut menjadi Kota DKI Jakarta.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini