nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pegawai Wanita yang Bantu Kabur Napi Rutan Cipinang Harus Dipecat

Salman Mardira, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 17:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 09 338 1988874 pegawai-wanita-yang-bantu-kabur-napi-rutan-cipinang-harus-dipecat-AJHbtY33Ax.jpg Muhammad Nasir Djamil (Dok Humas Fraksi PKS)

JAKARTA – Narapidana kasus narkoba, Muhammad Said Harahap kabur dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur diduga setelah dibantu pegawai perempuan berinisial YH. Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Nasir Djamil meminta YH dipecat jika terbukti membantu pelarian napi.

"Jika terbukti maka tidak ada jalan lain kecuali diberhentikan secara hormat dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum," ujar Nasir Djamil kepada Okezone, Minggu (9/12/2018).

Menurutnya tindakan YH membantu napi kabur bisa merusak integritas pegawai lapas dan rutan. “Tindakan itu telah menambah suram wajah lembaga pemasyarakatan di Indonesia,” kata politikus PKS ini.

Kasus napi melarikan diri dari rutan atau lapas yang di dalamnya ada andil oknum sipir adalah kondisi luar biasa. “Pemeriksaan terhadap oknum sipir yang diduga ikut membantu pelarian napi, harus segera dituntaskan secara objektif dan bertanggungjawab,” pungkas Nasir Djamil.

 

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ade Kusmanto dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa YH sudah diserahkan ke Polda Metro Jaya, setelah dijemput dari rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Pihak Rutan Klas 1 Cipinang menyerahkan pegawai tersebut untuk dilakukan penahanan dan pengembangan perkaranya kepada pihak Polda Metro Jaya,” ujar Ade Kusmanto.

Kepada petugas, YH mengakui membantu pelarian Muhammad Said dengan dimasukkan ke dalam mobilnya. Aksi ini diketahui sudah direncanakan sejak sebulan lalu.

“Saat ini sedang didalami apa yang menjadi motif pegawai tersebut turut serta membantu pelarian warga binaan atas nama Muhammad Said Harahap,” tukas Ade Kusmanto.

(Baca juga: Napi Narkoba Kabur dari Rutan Cipinang)

Kepala Rutan Cipinang, Oga G Darmawan mengatakan Muhammad Said diduga berpacaran dengan seorang pegawai perempuan yang kemudian membantunya kabur. “Diduga ada itu, dia itu pacaran dengan pegawai perempuan," ungkapnya.

 

Kaburnya Muhammad Said diketahui pada Jumat 7 Desember 2018 malam, saat dilakukan penghitungan napi di Rutan Cipinang. Jumlah napi penghuni Rutan Cipinang 4.169 orang, setelah dihitung ternyata kurang satu orang.

(Baca juga: Napi Rutan Cipinang Kabur Dibantu Pegawai Wanita)

Dari rekamanan CCTV diketahui ada mobil Nissan Grand Livina abu-abu masuk sekitar rutan diduga membantu pelarian Muhammad Said.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini