nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Kembali Guncang Bengkulu, Kini Berkekuatan 5,1 SR

Demon Fajri, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 01:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 09 340 1988687 gempa-kembali-guncang-bengkulu-kini-berkekuatan-5-1-sr-E5JUY6c7Jn.jpg (Foto: BMKG)

BENGKULU - Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Minggu (9/12/2018) dini hari. Gempa terjadi Pukul 00.45 WIB.

Gempa berada di koordinat episenter 3.53 Lintang Selatan (LS) dan 101.54 Bujur Timur (BT) atau berjarak 57 kilometer (KM) Barat Daya Bengkulu Utara, dengan kedalaman 10 km.

Gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Namun, saat terjadinya gempa masyarakat Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu merasakan getaran gempa cukup kuat.

Ilustrasi.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa di Kabupaten Bengkulu Utara merupakan gempa berjenis dangkal. Gempa disebabkan aktivitas lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia, yang berada di bawah pulau Sumatera.

(Baca juga: Gempa 5,0 SR Guncang Barat Daya Bengkulu)

''Gempa disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah Pulau Sumatera. Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata Sabar, ketika di konfirmasi Okezone.

Sejak gempa bumi yang mengguncang Bengkulu Utara, lanjut Sabar, belum ada aktivitas gempa bumi susulan hingga saat ini. Namun, masyarakat Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG, khususnya masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

''Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,'' pungkas Sabar.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini