nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hadiri KTT Teluk di Arab Saudi, Emir Qatar Hanya Kirim Pejabat Tingkat Rendahnya

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 07:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 18 1989020 tak-hadiri-ktt-teluk-di-arab-saudi-emir-qatar-hanya-kirim-pejabat-tingkat-rendahnya-TKGbOdUFMn.jpg KTT Teluk (Reuters)

RIYADH — Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tidak menghadiri Gulf Cooperation Summit atau KTT Kerja Sama Teluk yang diselenggarakan oleh Arab Saudi. Di mana telah memimpin pemboikotan terhadap negara itu selama lebih dari satu tahun.

Pemimpin-pemimpin lain dari enam negara Dewan Kerjasama Teluk yang datang, hari Minggu (9/12/2018) waktu setempat, menuruni tangga eskalator berwarna keemasan dan disambut langsung oleh Raja Arab Saudi Salman, sehari sebelum pelaksanaan KTT itu. Qatar hanya mengirim seorang pejabat tingkat rendah.

 Baca juga: Januari 2019, Qatar Keluar dari OPEC

Anggota-anggota Dewan Kerjasama Teluk – Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab – memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada musim panas 2017 lalu karena negara itu mendukung kelompok-kelompok oposisi Islam yang mereka nilai sebagai teroris.

Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengikuti KTT Teluk tahun lalu di Kuwait di mana negara-negara yang memboikot mengirim perwakilan tingkat rendah.

 Baca juga: Diancam Akan Diserang Raja Salman, Ini Reaksi Qatar

Menteri Luar Negeri Bahrain Khalid Al Khalifa mencuit di Twitter bahwa Sheikh Tamim seharusnya menerima “tuntutan yang adil dan datang ke pertemuan tingkat tinggi itu,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini