nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jerman Siap Hadapi Kekacauan Imbas Pegawai Kereta Mogok Kerja

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 11:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 18 1989081 jerman-siap-hadapi-kekacauan-imbas-pegawai-kereta-mogok-kerja-YtWX9xepEd.JPG Suasana di salah satu stasiun di Jerman (Foto: Reuters)

MUNICH - Operator kereta api Jerman, Deutsche Bahn, bersiap menghadapi gangguan parah pada Senin (10/12/2018). Penyebabnya, para karyawan perusahaan itu menggelar aksi mogok kerja nasional sebagai bentuk protes pengupahan tak layak.

Kereta api nasional, regional dan lokal tentu akan terkena imbas, bahkan setelah aksi mogok berakhir. "Mogok kerja dijadwalkan berlangsung dari pukul 05.00 hingga 09.00 pagi," ujar Deutsche Bahn, seperti dilansir dari VOA Indonesia, Senin (10/12/2018).

Tak disebutkan berapa banyak kereta yang akan dibatalkan, atau berapa banyak penumpang yang mungkin terkena dampak. Negosiasi upah antara Deutsche Bahn dan serikat pekerja kereta api EVG, yang menuntut kenaikan gaji 7,5 persen untuk 160.000 karyawan, berakhir tanpa persetujuan pada Sabtu pekan lalu.

"Perusahaan membuat tawaran yang tidak sesuai dengan tuntutan anggota kami," ungkap juru runding EVG, Regina Rusch-Ziemba.

Namun operator kereta api itu dalam sebuah pernyataan menyebut jika aksi mogok tersebut adalah perbuatan sia-sia. Kantor berita Jerman DPA mengabarkan bahwa Deutsche Bahn mengundang serikat pekerja itu untuk duduk bersama membahas perundingan baru pada Senin sore ini.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini