nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar dari Masa Lalu, Penyelesaian Masalah HAM Diminta Tetap Diperjuangkan

Gimas Siskamayanti, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 10 337 1989457 belajar-dari-masa-lalu-penyelesaian-masalah-ham-diminta-tetap-diperjuangkan-khtpiZWKXy.jpg Ilustrasi Aksi HAM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Imparsial menyelenggarakan refleksi diskusi bertajuk "Orde Baru Rezim Kekerasan dan Reformasi Era Impunitas".

Wakil Imparsial, Ghufron Mabruri, mengatakan penyelesaian kasus HAM pada masa lalu merupakan hal yang penting untuk dijadikan hal pembelajaran.

"Ini adalah agenda-agenda yang penting harus kita selesaikan," ujar Ghufron di Kantor Imparsial, Jalan Tebet Dalam, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Ghufron mengungkapkan sejarah bukan hanya tentang masa lalu, tetapi juga pada masa sekarang menjadi persoalan yang harus diselesaikan pemerintah. "Menjadi hal yang penting harus diselesaikan oleh pemerintah," ujarnya.

LSM

Baca Juga: Peristiwa 10 Desember, Hari HAM Sedunia hingga Legalnya Ganja di Uruguay

Hingga saat ini, Komnas HAM tercatat telah menyelesaikan proses penyelidikan atas sembilan kasus pelanggaran HAM masa lalu. Dintaranya merupakan kasus 1965-1966 merupakan peristiwa penembakan misterius (Petrus).

Namun, dalam prosesnya berbagai kasus itu mengalami stagnasi di tangan Kejaksaan Agung yang tidak memiliki komitmen politik untuk menindaklanjuti hasil penyelidikan Komnas HAM.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini