nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persiapan Natal dan Tahun Baru, Anies Baswedan Pimpin Apel Operasi Praja Wibawa

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 12:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 10 338 1989129 persiapan-natal-dan-tahun-baru-anies-baswedan-pimpin-apel-operasi-praja-wibawa-nV7Ite0MX6.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Okezone/Fadel Prayoga

JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin apel Operasi Praja Wibawa di halaman Balai Kota Jakarta. Operasi itu dilakukan dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Di hadapan jajaran Satpol PP DKI Jakarta, TNI dan Polri, Anies ingin memberikan kenyamanan kepada kepada selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Pelaksanaan Apel Operasi Praja Wibawa, Satpol PP strategis dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang ketenteraman dan ketertiban lingkungan, khususnya karena pada bulan ini kita akan memasuki fase dua kegiatan, perayaan Natal umat Kristiani dan perayaan pergantian tahun," ujar Anies Baswedan, Senin (10/12/2018).

"Oleh karena itu, sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, aparat wajib hadir di tengah masyarakat, memelihara ketentraman-ketertiban, memastikan bahwa aktivitas masyarakat berlangsung dengan aman, dengan tertib, dan terkendali," tambahnya.

Foto/Okezone 

Anies menuturkan bahwa posisi Jakarta sebagai Ibu Kota sangat strategis dalam memperlihatkan indikator dan daya tular ke seluruh wilayah Indonesia.

"Untuk itulah, kepada Polisi Pamong Praja, saya ingin garis bawahi harus memiliki kedisiplinan, harus memiliki ketegasan, harus punya dedikasi yang tinggi, dan juga harus memiliki unsur humanis. Disiplin, tegas, dedikasi, humanis," paparnya.

Baca: Jelang Natal dan Tahun Baru, Tempat Hiburan di Jabar Akan Berlaku Batasan Waktu 

Baca: KAI Siapkan 394 Perjalanan Kereta Api Selama Natal dan Tahun Baru 2019

Gubernur Anies berharap pelaksanaan Operasi Praja Wibawa tetap menjaga keselamatan, mewujudkan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat atas dasar kesadaran, dan menunjukkan sikap berorientasi pada pelayanan masyarakat.

"Seperti saya garisbawahi tadi, humanis, tegas, disiplin, berdedikasi. Jalankan 4 itu, laksanakan operasi Praja Wibawa Sarpol PP tahun 2018 dengan baik. Selamat bertugas. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan amanat yang mulia ini," tuturnya.

Operasi Praja Wibawa akan mengawasi dan menegakkan hukum bagi semua jenis pelanggaran, antara lain penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), pedagang kaki lima (PKL) liar, parkir liar, sterilisasi trotoar, serta penyimpangan dan penjualan minuman beralkohol tanpa izin.

Operasi Praja Wibawa melibatkan 425 personel gabungan dari 100 orang Perangkat Pemprov DKI Jakarta (Satpol PP Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta), 75 anggota TNI, 100 anggota Kepolisian, serta 150 personel Satuan Tugas Kewilayahan dari masing-masing 5 wilayah kota di Jakarta.

Pelaksanaan operasi Praja Wibawa akan dilakukan secara serentak selama 10 hari kerja sejak tanggal 10 sampai dengan 21 Desember 2018.

Operasi Prawa Wibawa ini diharapkan mampu menciptakan kondisi yang aman dan kondusif menjelang perayaan Natal oleh umat kristiani dan pergantian tahun baru 2019.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini