nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuansing Riau Banjir, Buaya Masuk ke Permukiman

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 12:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 10 340 1989117 kuansing-riau-banjir-buaya-masuk-ke-permukiman-mqRAesOGO5.jpg Buaya yang ditangkap warga bersama polisi di Desa Talontam, Kuansing, Riau (Istimewa)

PEKANBARU - Seekor buaya masuk ke permukiman Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau saat banjir melanda kawasan tersebut. Warga bersama polisi akhirnya berhasil menangkap reptile tersebut di persawahan.

Kapolres Kuansing, AKBP Muhammad Mustofa mengatakan bahwa setelah ditangkap, buaya dewasa itu dibawa ke Polsek Benai lalu diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

"Penangkapan buaya dipimpin oleh Kapolsek Benai Iptu Dadan Wardan," kata Mustofa, Senin (10/12/2018).

Buaya sepanjang 3 meter tersebut diamankan warga dan polisi pada Minggu 9 Desember 2018 sekitar pukul 14.00 WIB. Buaya itu muncul karena meluapnya Sungai Kuantan dan merendam pemukiman sekitarnya.

Menurut warga, buaya sudah terlihat di persawahan pada 8 Desember 2018. Namun, karena banjir belum surut, warga belum berhasil menangkapnya.

"Buaya itu terlihat di persawahan, kadang muncul terus menghilang," kata Jebul warga Desa Talontam.

Kemarin upaya penangkapan dilakukan lagi. Saat buaya tersebut terjebak di saluran irigasi persawahan, warga bersama polisi kemudian meringkusnya.

Kabupaten Kuansing merupakan salah satu daerah yang parah terkena dampak banjir di Riau. Ribuan rumah warga tergenang air setinggi 50 centimeter hingga 1 meter. Banjir juga sudah mengganggu aktivitas belajar mengajar. Pemkab Kuansing telah menetapkan status tanggap darurat banjir.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini