nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo Hari HAM di Papua Ricuh, Massa KNPB dan Polisi Terlibat Bentrok

Edy Siswanto, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 14:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 10 340 1989214 demo-hari-ham-di-papua-ricuh-massa-knpb-dan-polisi-terlibat-bentrok-MFBOfyAf5W.jpg Bentroka KNPB dengan Polisi di Jayapura (Foto: Okezone)

JAYAPURA - Perayaan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang digelar di Perumnas 3 Waena Jayapura, Papua berakhir ricuh. Massa aksi demo, yang terdiri dari mahasiswa Universitas Cendrawasih (Uncen) dan kelompok dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ini sebelumnya damai.

Masa aksi yang beberapa mengenakan baju loreng khas anggota KNPB ini melakukan orasi dan aksi longmarch dari Gapura Kampus Universitas Cenderawasih hingga putaran taxi Perumnas 3 Waena sejak pagi sekitar pukul 08.30 WIT.

Namun sekitar pukul 13.00 WIT, masa yang akan melanjutkan longmarch diblokade oleh aparat Kepolisian Polres Kota Jayapura dan jajaran, hingga massa terlibat bentrok dengan aparat. Massa melempar aparat dengan batu.

Atas aksi ini, seketika warga yang berada di wilayah Perumnas 3 mencari perlindungan. Aktivitas warga langsung lumpuh. Beberapa toko dan usaha warga di sekitar lokasi ditutup. Suasana seketika mencekam.

(Baca Juga: Dendam Lama, 2 Kelompok Pemuda Bentrok di Papua Barat)

Kabid Humas Polda Papua, Kombes A.M Kamal menyebut 2 SSK (Satuan Setingkat Kompi) aparat kepolisian disiagakan untuk antisipasi anarkis massa tersebut.

"Harapannya kita masa bisa menyampaikan aspirasinya dengan baik, kami hanya mengamankan aksi mereka, jangan sampai ada anarkis," kata Kamal, Senin (10/12/2018).

Menurutnya, jikapun kemudian kelompok tersebut saling bersitegang dengan aparat, Kamal menegaskan jika penanganan massa aksi demo akan dilakukan persuasif.

"Kita bertindak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), tetap kita mengedepankan pendekatan persuasif," ucapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini