nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Universitas Brawijaya Sabet Akreditas A dari BAN-PT

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 15:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 65 1989227 universitas-brawijaya-sabet-akreditas-a-dari-ban-pt-JERT0OItHj.jpeg Universitas Brawijaya (Foto: Avirista/Okezone)

MALANG – Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berhasil diraih oleh Universitas Brawijaya. Keputusan akreditasi A BAN-PT ini tertulis dalam surat keputusan BAN-PT nomor 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 yang berlaku dari 4 Desember 2018 hingga 4 Desember 2023.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Brawijaya, Achmad Wicaksono menyatakan perolehan akreditasi A dari BAN-PT ini sebagai bukti kelayakan kerja keras seluruh stakeholder Universitas Brawijaya.

loading...

 Baca Juga: Mahasiswa UB Raih Medali Emas pada Ajang Kompetensi Internasional

“Nilai batas untuk mendapatkan akreditasi A yakni 361 ke atas. Hal ini berarti UB sudah dinyatakan layak. Namun kita akui masih banyak yang harus kita kerjakan dan perbaiki terutama dari segi SDM,” beber Achmad Wicaksono kepada okezone, Senin (10/12/2018).

Menurutnya, perbaikan dari segi SDM yang perlu dilaksanakan yakni pengembangan SDM dan percepatan jabatan dosen. Ia mencontohkan misanya dosen harus didorong untuk mempercepat kepengurusan pangkat dan melanjutkan jenjang pendidikan S3.

 brawijaya

Dia mengungkapkan sesuai standar BAN-PT sebuah perguruan tinggi harus memiliki setidaknya 50% dosen dari lulusan S3. Namun UB hanya memiliki sekitar 36% dosen yang lulusan S3.

“Dosen yang berpangkat lektor kepala baru mencapai 18%. Ini masih sangat kurang karena BAN-PT menerapkan standar perguruan tinggi mempunyai nilai minimal 50% dosen berpangkat lektor kepala,” terangnya kembali.

Baca Juga: Terinspirasi dari Hiportemia, Mahasiswa RI Ciptakan Jaket Suhu Badan

Di sisi lain Rektor UB, Prof. Nuhfil Hanani mengungkapkan capaian akreditas A dari BAN-PT ini sebagai bukti kredibilitas perguruan tinggi UB di mata publik. Hal inilah yang tentu berpengaruh terhadap kesempatan para alumni untuk mencari lapangan pekerjaan saat ini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini