nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berita Asli atau Hoax? Cek dulu Kebenarannya di Portal Indonesia.go.id

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 18:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 11 1 1989867 berita-asli-atau-hoax-cek-dulu-kebenarannya-di-portal-indonesia-go-id-VPiEqZpPk6.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Fenomena penyebaran kabar hoax alias berita bohong belakangan ini memang santer menjadi perbincangan publik. Penyebarannya yang kian tak terbendung lagi pun kerap kali menelan korban. Apalagi menjelang tahun politik 2019, tak sedikit masyarakat Indonesia yang terjebak dalam pusaran berita hoax yang menyesatkan.

Siapa pembuatnya pun tidak jelas, sumber darimana berita tersebut berasal pun seringkali tidak diketahui. Namun, penyebarannya yang begitu cepat kerap kali membuat sejumlah orang awam mempercayainya dengan mudah.

Hal inilah yang mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali meluncurkan portal berita www.indonesia.go.id.

“Portal berita Indonesia.go.id juga ada menu cek hoax juga. Siapa pun bisa menjadi bagian portal ini. Selain itu, link semua dari kementerian dan lembaga ada disini semua,” ujar Menkominfo Rudiantara di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani, Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Selain itu kata Menkominfo, Indonesia.go.id juga menyajikan informasi mengenai beragam hal mengenai Indonesia. Ia mengatakan, Indonesia memiliki banyak informasi dan pesona-pesona yang dapat disebarluaskan sehingga bisa diakses oleh banyak pihak, termasuk warga dunia. Mulai dari prestasi hingga budaya maupun pariwisata.

Dengan informasi-informasi yang terpercaya tersebut, maka brand Indonesia juga semakin kuat. Melalui brand yang kuat maka mampu membangun kebanggaan, loyalitas dan meningkatkan daya saing. "Ini adalah beranda Indonesia. Isinya mengenai semua tentang Indonesia. Di sini konten tentang Indonesia yang terpercaya,"tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menjelaskan konsep rubrikasi di portal Indonesia.go.id. Yaitu yang pertama, kepentingan nasional dalam hal data seperti profil dan sejarah Indonesia. Kedua, layanan seperti pendidikan, kesehatan, keuangan, dan lainnya. Ketiga, program prioritas termasuk cek fakta peristiwa.

“Nantinya, situs semua Kementerian dan Lembaga (K/L) akan terintegrasi dengan Indonesia.go.id. Selanjutnya, situs pemerintah daerah juga akan terhubung. Ada gambar peta Indonesia, masyarakat bisa klik daerah yang ingin dicari infonya. Nanti akan muncul situsnya," ungkapnya.

Portal Indonesia.go.id, juga menyediakan tautan cek fakta untuk melakukan verifikasi atas informasi yang diterima. Setiap pekan, Kementerian Kominfo pun merilis daftar informasi atau berita palsu (hoax) yang beredar di masyarakat.

“Jadi teman-teman jurnalis bisa cek data yang sebenarnya seperti apa.Target kita mencangkup komunitas, jurnalis, kelompok strategis, kedutaan dan lainnya karena website ini berbahasa Indonesia dan Inggris,”pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini