Portal Indonesia.go.id, Nation Branding di Era Digital

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 11 Desember 2018 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 1 1989873 portal-indonesia-go-id-nation-branding-di-era-digital-0oqDX5ryrq.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan portal www.indonesia.go.id. Portal ini berisi segala informasi soal seluk-beluk Indonesia seperti pariwisata, capaian pemerintah dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Kemenkominfo juga meluncurkan Government Public Relation Televisi (GPR TV) yang dapat diakses melalui parabola.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan keberadaan indonesia.go.id memperkuat branding Indonesia di mata internasional. Portal ini juga berisi rujukan dunia tentang Indonesia yang akurat dan terpercaya.

“Website ini halaman depannya NKRI, ini untuk memberikan gambaran utuh tentang Indonesia dan memberi informasi ke masyarakat dengan fungsi mensosialisasikan semua program kebijakan pemerintah maupun juga eksekutif , legislatif dan yudikatif,” kata Niken saat menghadiri relaunch portal berita Indonesia.go.id di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani, Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Niken memaparkan visi Indonesia.go.id adalah menjadi media informasi dan layanan pemerintah serta portal rujukan dunia tentang Indonesia yang merepresentasikan Indonesia. Sedangkan misinya membangun reputasi nasional melalui nation branding.

"Indonesia.go.id sudah keluar sejak November 2018. Dalam beberapa minggu, situs ini sudah dibaca 747.696 kali. Kami harapkan semakin banyak masyarakat yang membaca website ini,”harapnya.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti, memuji langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang meluncurkan kembali portal Indonesia.go.id.

“Kalau dilihat era digital ini, nation branding bergeser ke digital branding. Indonesia.go.id ini portal yang sangat baik masuk ke digital branding. kita bisa berinteraksi dengan pelanggan yang lebih dalam,”ujarnya.

Menurutnya, dengan digital branding ini maka ini akan mendorong multichannel sehingga dapat menampilkan saluran yang beragam. “Kemudian viralitas, gampang diblow-up, gampang disebar sehingga akses kepada pelanggan menjadi lebih cepat,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh dan pejabat negara hadir dalam peluncuran portal berita Indonesia.go.id seperti Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Strategik Marketing Priyantono Rudito, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti, dan Guru Besar Manajemen UI Prof DR Rhenald Kasali. Ketiganya sekaligus menjadi pembicara pada sesi diskusi media yang dipandu oleh Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini