nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ini 15 Tahun Toyota Avanza Mengaspal di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 12:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 11 15 1989607 hari-ini-15-tahun-toyota-avanza-mengaspal-di-indonesia-10o6lnm1PE.jpg Toyota Avanza (Foto: Ist)

JAKARTA - Sejak diluncurkan pada 11 Desember 2003 di ajang pameran automotif Gaikindo Auto Expo, Toyota secara resmi meluncurkan generasi pertama calon mobil sejuta umat yang hingga kini masih tetap berjaya.

Kemunculan Toyota Avanza saat itu, langsung menjadi gebrakan besar bagi Toyota dimana sepanjang 2003, penjualan mobil keluarga yang biasa dikenal dengan multi purpose vehicle tersebut langsung terjual sebanyak 100 ribu unit.

Pasar yang menyerap Avanza dengan baik, membuat Toyota terus melakukan penambahan teknologi dan kenyamanan pada Avanza. Dimana pada 2005 hadir pilihan Avanza 1.3 S berteknologi VVT-i dengan transmisi otomatis. Model ini juga telah dibenamkan perangkat pengereman ABS.

 

Kolaborasi dua produsen Toyota dan Daihatsu yang juga memiliki produk kembaran bernama Xenia, terus memposisikan produknya sebagai pemain mobil keluarga yang bisa dikatakan tanpa lawan berat. Hingga pada akhir 2006, Toyota dan Daihatsu sebagai APM yang memproduksi dua model Avanza dan Xenia meluncurkan generasi terbarunya.

Tampil dengan ubahan melalui penambahan aksesori dan tentunya Toyota menambahkan peningkatan performa menggunakan mesin generasi terbaru berkapasitas 1.5 liter yang tetap mempertahankan teknologi VVT-i. Teknologi lain yang menjadi pelengkap yakni adanya sensor parkir belakang, rem ABS dan pelek alumunium ukuran 15 inchi.

Setelah lima tahun membiarkan tampilan Avanza dengan model yang sama. Lima tahun kemudian, Toyota melakukan pengembangan secara keseluruhan, dimana model ini bisa dikatakan sebagai generasi kedua Avanza dan dikenal dengan tipe Veloz. Toyota menaikkan kelas mobil keluarganya yang sudah mendapat predikat mobil sejuta umat melalui tipe Veloz.

Toyota terus melakukan peningkatan kelas produk Avanzanya, hal tersebut kembali dilakukan setelah Veloz. Tepatnya pada 2014 dimana Toyota Avanza varian Luxury diluncurkan. Model ini menjadi termewah dari yang lainnya. Setahun kemudian Toyota kembali melakukan penyegara pada generasi kedua Avanza yakni Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Melenggang terus tanpa pesaing hingga 2017, Toyota Avanza tetap menjadi tulang punggung untuk penjualan produk Toyota. Sayangnya di ajang pameran GIIAS 2017, Toyota Avanza mulai terusik penjualannya di pasar nasional dengan hadirnya Mitsubishi Xpander.

 

Meski demikian Toyota Avanza terus mempertahankan posisinya sebagai mobil MPV yang tentu sudah banyak dikenal konsumen Indonesia. Walau demikian, kehadiran Xpander tetap menjadi pesaing sangat berat bagi Avanza.

Penjualan kedua model tersebut saling kejar mengejar, dimana berdasarkan data Gaikindo mulai Februari hingga Mei 2018, Avanza penjualannya kalah dengan Xpander. Namun kondisi tersebut kembali berbalik pada Juni 2018, dimana wholesale Avanza kembali unggul dengan 4.648 unit sedangkan Xpander hanya 3.278 unit.

Kondisi tersebut juga kembali dikejar Mitsubishi pada Juli dimana Xpander kembali berjaya dengan angka penjualan 7.570 unit sedangkan Avanza hanya mencapai 6.766 unit.

Persaingan sengit tentunya akan terjadi kembali awal tahun depan, dengan hadirnya produk terbaru Toyota Avanza yang tentunya akan menjadi pilihan bagi konsumen yang sebelumnya tergeser oleh hadirnya Xpander.

 

Produsen Toyota sendiri hingga kini masih belum membuka informasi tentang generasi terbaru Avanza. Namun beberapa kabar Avanza akan mengalami banyak ubahan. Sayangnya seorang wiraniaga diler Toyota pernah mengungkap kepada Okezone bahwa generasi terbaru Avanza masih memiliki rasa yang sama dengan Avanza lama.

Toyota Avanza juga akan dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda dari pesaingnya. Konsumen dan pasar automotif nasional tentu tengah menunggu seperti apa sosok terbaru dari Toyota Avanza yang akan meluncur Januari 2019.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini