nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tersangka Tewas di Ruang Penyidikan, IPW: Kapolres Depok Harus Bertanggung Jawab

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 11 338 1989572 tersangka-tewas-di-ruang-penyidikan-ipw-kapolres-depok-harus-bertanggung-jawab-GAcvijp083.jpg Ketua Presidium IPW Neta S Pane (foto: Okezone)

DEPOK - Kematian tersangka pencuri motor Yulius Lucas Tahapary alias Ulis (35) di Polresta Depok harus diusut tuntas. Sebab seorang tahanan yang meninggal di dalam kantor kepolisian karena adanya unsur kekerasan, sangatlah tidak bisa ditolerir.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta Kapolres Depok Kombes Didik Sugiarto bertanggung jawab terkait adanya kematian tahanan dengan kasus pencurian motor. Tersangka itu ditemukan sudah tak bernyawa dengan luka lebam hampir disekujur tubuh beberapa waktu lalu.

(Baca Juga: Tersangka Maling Motor Ditemukan Meninggal di Ruang Penyidik Polresta Depok) 

"Kapolres Depok harus bertanggung jawab atas kematian ini dan polisi yang menjaga tahanan itu juga harus bertanggung jawab. Apa pun penyebabnya ada tahanan tewas di kantor polisi itu tanggung jawab polisi, karena nasib tahanan di bawah kendali polisi dengan matinya tahanan itu ya patut dicurigai apakah akibat pemukulan atau yang lain?" tutur Neta saat dihubungi wartawan, Selasa (11/12/2018).

Suasana Rumah Duka Tersangka Kasus Dugaan Curanmor yang Meninggal di Ruang Penyidikan di Depok (foto: Wahyu M/Okezone)Suasana Rumah Duka Tersangka Kasus Dugaan Curanmor yang Meninggal di Ruang Penyidikan di Depok (foto: Wahyu M/Okezone) 

Dia juga meminta kepada anggota Polresta Depok agar bekerja sesuai dengan Setandar Oprasional Prosedur (SOP). Menurutnya sebelum dilakukan penahanan terhadap seorang tersangka haruslah diperiksa terlebih dahulu, apakah yang bersangkutan sedang sakit atau sehat. Sebab semua sudah ada prosedur yang ditentukan.

"Makanya kapolres jangan enak-enakan, dia juga harus bertanggung jawab sama anak buahnya. Jangan tahanan tewas di kantor polisi, Kapolresnya enak-enakan. Bila perlu kapolresnya harus dicopot dari jabatanya supaya ada efek pembelajaran," tegas Neta.

(Baca Juga: Kasus Meninggalnya Pencuri Motor di Polresta Depok Masih Suram) 

Kematian Lucas Tahapary alias Ulis dengan sejumlah luka lebam hampir disekujur tubuh, diduga akibat dari pukulan benda tumpul, akan tetapi siapa yang melakukan pemukulan tersebut polisi pun masih bungkam. Sementara pihak keluarga menilai banyaknya luka lebam menjadi penyebab kematian Ulis.

"Penyiksaan melanggar Undang-undang siapa pun gak boleh apalagi polisi sebagai aparatur penegak hukum justru dia harus memproses hukum secara profisional, mencari pengakuan berdasarkan penyiksaan itu tidak dibenarkan," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini