nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 4,9 SR Guncang Nias Utara, Tak Berpotensi Tsunami

Robert Fernando H Siregar, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 21:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 11 608 1989944 gempa-4-9-sr-guncang-nias-utara-tak-berpotensi-tsunami-Ma9ES1wrhR.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

NIAS - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Sumatera Utara, Edison Kurniawan menyebut gempa terjadi pada Selasa (11/12/2018) sekira pukul 19.47 WIB. Gempa berada pada titik koordinat 1,23 Lintang Utara dan 97,03 Bujur Timur. Gempa berpusat di laut pada jarak 23 kilometer arah barat Lahewa, Nias Utara di kedalaman 23 km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat II - III MMI," ucap Edison kepada Okezone.

Ilustrasi Gempa

Bila ditinjau dari kedalaman hiposenternya kata dia, tampak bahwa gempa tersebut termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Zona itu dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatera hingga mengarah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatera.

"Hingga pukul 20.00 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Nias Utara diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini