nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unjuk Rasa Tak Ditemui, Puluhan Mahasiswa Duduki Gedung DPRD Kota Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 20:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 13 519 1990993 unjuk-rasa-tak-ditemui-puluhan-mahasiswa-duduki-gedung-dprd-kota-malang-KTfygMw86l.jpg

KOTA MALANG - Bertajuk kado akhir tahun 2018 bagi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, puluhan massa dari organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Malang menyampaikan aspirasi di depan Gedung DPRD Kota Malang pada Kamis sore (13/12/2018).

Dengan membawa poster, bendera, dan spanduk, ratusan mahasiswa meneriakkan sejumlah tuntutan terhadap pemerintahan Jokowi - JK di akhir tahun 2018 ini. Salah satu yang menjadi tuntan yakni penuntasan dugaan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan penyelesaian kasus korupsi yang ada.

Koordinator lapangan (Korlap) Sutriyadi mengatakan penegakan HAM di Indonesia masih belum terselesaikan, di sisi lain pelanggaran - pelanggaran HAM baru justru terjadi, salah satunya pengungkapan kasus Novel Baswedan dan tindakan represif aparat keamanan.

"Kita ingin pemerintah serius mengawal agenda pemberantasan korupsi dan penegakan HAM di Indonesia. HMI Malang akan terus mengawal agenda-agenda itu," ujar Sutriyadi kepada awak media.

Namun sayang massa aksi dari HMI Malang ini tak dapat menemui satu pun anggota dewan di kantornya karena sedang melakukan kunjungan kerja ke luar kota.

Alhasil sejumlah massa pun langsung mendesak masuk area gedung, sempat terlibat aksi saling dorong dan adu argumen antara massa dengan petugas kepolisian yang mengamankan jalannya aksi.

Puluhan massa pun akhirnya masuk ke dalam gedung dewan di dalam mereka meneriakkan orasi dan naik ke kolam guna menyampaikan tuntutan mereka.

Ulah para mahasiswa ini sempat membuat sedikit ketegangan antara massa dengan sejumlah karyawan kesekretariatan dewan lantaran dianggap menimbulkan ketidaknyamanan.

Beruntung saat emosi sudah memuncak aparat keamanan bisa menenangkan massa, sehingga massa membubarkan diri dengan tertib.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini