nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jembatan di Pangandaran Ambles Terkikis Air Sungai

Syamsul Maarif, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 17:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 13 525 1990887 jembatan-di-pangandaran-ambles-terkikis-air-sungai-ZXInesbSQf.jpg Jembatan ambles di Pangandaran (Foto: Syamsul Maarif)

PANGANDARAN - Jembatan yang merupakan akses warga di Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran ambles. Aktivitas warga setempat terganggu karena jalur tersebut tak bisa dilintasi kendaraan.

Kepala Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar Ukar mengatakan, amblesnya jembatan kurang lebih panjang 15 meter dengan ketinggian 7 meter.

"Warga yang akan beraktivitas tidak bisa melintas mengendarai motor dan mobil," kata Ukar, Kamis (13/12/2018).

Ukar menambahkan, penyebab amblesnya jembatan karena pondasi jembatan terkikis air sungai yang deras. "Kondisi air cukup deras, akhirnya pondasi jembatan tidak kuat menahan derasnya air," tambahnya. 

(Baca Juga: Jembatan Gantung Putus, Puluhan Warga Jatuh ke Sungai)

Jembatan ambles di Pangandaran

Akses jembatan yang ambles, kata Ukar, merupakan penghubung desa antara Dusun Cigangsa dengan Dusun Cigorowek di Desa Pangkalan.

"Siswa yang hendak ke sekolah pun harus ekstra hati-hati karena kondisi badan jalan hampir setengah badan mengalami amblas," papar Ukar.

Sementara material longsoran jembatan juga berhamburan ke areal pesawahan warga. Ia berharap meminta pemerintah daerah segera memberikan solusi agar akses jalan tersebut kembali normal. 

"Kami khawatir jika akses tersebut belum diperbaiki hingga April 2019 akan menghambat distribusi logistik Pemilu," jelasnya.

(Baca Juga: 43 Hari Direnovasi, Jembatan Babat Sudah Bisa Dilintasi dengan Normal)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini