nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suara Mendengung di Langit Jateng "Tanpa Wujud", Ini Alasannya

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 20:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 14 512 1991493 suara-mendengung-di-langit-jateng-tanpa-wujud-ini-alasannya-nHZR5btKkt.JPG Ilustrasi

SEMARANG - Suara mendengung yang menggegerkan warga Jawa Tengah dini hari tadi diduga kuat berasal dari pesawat kargo yang terbang di ketinggian 23.000 feet (kaki). Baling-baling pesawat yang berputar kencang di udara menimbulkan suara keras hingga terdengar warga.

“Kalau melihat alur terbang di 23.000 kaki. Itu pesawat kargo muatannya banyak. Saya tadi juga monitor di Instagram, suara mendengung itu lebih ke suara baling-baling dengan angin,” kata pakar penerbangan Alvin Lie, Jumat (14/12/2018).

Dia pun menjelaskan, penyebab warga hanya dapat mendengar suara mendengung tanpa menyaksikan pesawat yang melintas. Pesawat yang terbang di ketinggian 23.000 kaki bakal sulit terlihat dari bumi apalagi di tengah cuaca mendung dan gelap malam.

“Pesawat terbang di ketinggian 23.000 kaki, ya manusia enggak melihat. Ini pesawat kargo lampunya kan kecil, lampu kelap-kelip saja, sehingga yang dari bawah hanya kelihatan lampu strobo merah saja. Beda dengan pesawat biasa (penumpang) yang lampunya terlihat dari bawah,” terangnya.

Dia pun menyampaikan, berdasarkan data FR24 (Flight Radar 24) pesawat tersebut terbang stabil. Tidak ada data yang menyebutkan pesawat yang terbang dari Jakarta menuju Melbourne itu sempat menukik sebelum terbang stablil lagi.

“Saya lihat stabil ketinggian di 23.000 kaki. Itu kan juga lewat Jawa Timur, artinya di sana juga terdengar suara itu (mendengung). Ini peristiwa biasa saja, enggak ada yang luar biasa,” tukas Alvin.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini