nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Magang untuk Kelanjutan Karier

Minggu 16 Desember 2018 07:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 14 65 1991333 manfaat-magang-untuk-kelanjutan-karier-VQrFlYpHhG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Program magang selama ini identik dilakukan oleh mahasiswa dan fresh graduate untuk memenuhi persyaratan kelulusan atau mendapat pengalaman kerja. Setelah lama mendaki jenjang karier, pemikiran untuk kembali magang jarang muncul kembali karena dianggap bukan lagi sebuah keharusan.

Padahal, program magang juga membawa keuntungan tersendiri bagi pegawai yang kaya pengalaman kerja, terutama yang sedang mengalami perubahan signifikan dalam kehidupan profesionalnya, seperti terkena PHK atau berniat berganti profesi.

Baca Juga: Sebelum Magang Berakhir, Lakukan 5 Hal Ini!

Melansir dari qerja.com, Minggu (16/12/2018), kompensasi yang Anda dapatkan kemungkinan tidak sebesar harapan, atau bahkan cukup minimal, namun jika Anda tidak keberatan, Anda berkesempatan meraup keuntungan lebih besar di masa depan. Apa saja itu?

1. Mengisi kekosongan di CV

Di sini magang bisa menjadi pengisi CV jika Anda kesulitan menemukan pekerjaan yang cocok. Dibanding hanya diam menunggu panggilan kerja, periode vakum yang Anda gunakan untuk magang bisa menjadi poin plus ketika Anda kembali melamar kerja di kemudian hari.

2. Uji coba pergantian karier

Bagi Anda yang penasaran namun kurang tahu tentang industri baru ini, kerja magang bisa menjadi jendela bagi Anda untuk mengenal proses-proses kerja dalam dunia tujuan dengan lebih baik. Lagipula, adanya pengalaman magang di industri ini dalam CV juga akan memperbesar peluang Anda diterima kerja nantinya.

Baca Juga: Ajari Mitigasi Bencana Lewat Papan Permainan

3. Mendapat keahlian baru

Belajar dari buku atau kursus online memang metode paling praktis untuk Anda para profesional muda yang ingin menambah keahlian baru. Tapi tidak ada yang lebih efektif dari turun tangan mencobanya langsung, bukan? Anda tidak perlu sampai pindah-pindah kerja untuk ini. Coba saja untuk magang paruh waktu dan anggap sebagai sejenis kursus.

Posisi sebagai pekerja magang juga akan menguntungkan Anda, karena Anda dianggap masih sedang belajar. Walau begitu, tetap pegang teguh etiket sebagai pegawai magang agar kredibilitas Anda terjaga.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini