nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemlu Kenalkan Aplikasi Safe Travel ke Mahasiswa Universitas Bakrie

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 17:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 15 65 1991783 kemlu-kenalkan-aplikasi-safe-travel-ke-mahasiswa-universitas-bakrie-PDRk9IljU0.jpg Kepala Seksi Kampanye Penyadaran Publik Kemlu dengan Kaprodi Ilkom Universitas Bakrie Suharyanti (Foto: Universitas Bakrie)

JAKARTA - Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mendorong perkembangan banyak aspek di kehidupan manusia, salah satunya perlindungan pada warga negara Indonesia (WNI). Menyadari pentingnya keselamatan dan kenyamanan WNI di luar negeri, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menggandeng Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (Ilkom UB) untuk mensosialisasikan aplikasi Safe Travel berbasis multi-platform di depan mahasiswa pada acara Festival Budaya dengan tajuk “Safe Travelling. Know Your Country Destination’s Culture”, yang diselenggarakan oleh Prodi Ilkom Universitas Bakrie, hari ini.

Baca Juga: Universitas Bakrie Wisuda 395 Mahasiswa, Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Aplikasi Safe Travel adalah aplikasi yang digagas Kemlu berisikan informasi praktis yang diperlukan WNI. Dapat diunduh secara gratis, aplikasi ini berisi informasi lengkap mengenai informasi kontak Perwakilan RI, hukum dan tata aturan yang berlaku di masing-masing negara, mata uang setempat, tempat ibadah, lokasi wisata maupun informasi kuliner.

“Jadi sekarang WNI yang sedang melancong ke luar negeri tidak perlu was-was. Mereka bisa masuk ke aplikasi ini dan akan medapatkan informasi yang akan membantu kelancaran perjalanan traveling mereka,” kata Kepala Seksi Kampanye Penyadaran Publik Kemlu Hernawan Bagaskoro Abid, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Untuk memberikan pemahaman lebih tentang keselamatan dan kenyamanan WNI di luar negeri, Festival Budaya juga mengundang Evi Aryati Arbay, Tour Operator Specialist Autrhor & Etnographer dan Abel Dally, traveller.

Baca Juga: Asah Soft Skill Mahasiswa, Universitas Bakrie Gelar Seminar Public Speaking

“Penting memahami budidaya negara tujuan. Jadi gak timbul salah paham. Kadang cara kita bicara atau mereka bicara bisa menimbulkan konflik,” imbuh Evi Aryati.

Festival Budaya menghadirkan 18 negara yang direpresentasikan oleh mahasiswa kelas Komunikasi Lintas Budaya sebagai aktivitas experiential learning di Ilkom UB. Selain menghadirkan atmosfer negara lain, mahasiswa juga akan memberikan informasi tentang gaya komunikasi di negara bersangkutan.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini