nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perindo Gunungkidul Dampingi Warga Kembangkan Pepaya Kalifornia

Kuntadi, Jurnalis · Minggu 16 Desember 2018 20:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 16 510 1992092 perindo-gunungkidul-dampingi-warga-kembangkan-pepaya-kalifornia-GXLxEJpQZy.jpg Partai Perindo terus berupaya bantu warga, kali ini melalui penembangan pepaya kalifornia (Foto: Kuntadi/Koran Sindo)

GUNUNGKIDUL – DPD Partai Perindo Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta mmeberikan pelathan pembibitan dan pengembangan tanaman papaya jenis kalifornia. Program seperti ini akan dilakukan untuk membantu warga untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Pelatihan ini dilakukan di Dukuh Pundak Ngalas Gede Desa Terbah Kecamatan Patuk, serta melakukan penanaman bibit papaya jenis kalifornia.

“Kita bantu petani agar mendapatkan tambahan pemasukan melalui usaha penanaman papaya,” ujar Ketua DPD Perindo Gunungkidul Agung Nugroho, Minggu (16/12/2018).

Menurutnya, para petani perlu melakukan diversifikasi usaha pertanian. Selama ini, mereka lebih banyak mengembangkan tanaman palawija saja. Padahal di lahan yang tidak butuh luasan yang lebar ini juga layak untuk dikembangkan jenis papaya kalifornia. Hasil panenan pun akan lebih menguntungkan dengan waktu panen yang cukup panjang.

Ilustrasi

(Baca Juga: Dari Fogging hingga Sapa Warga Sakit, Cara Caleg Perindo Dekatkan Diri ke Masyarakat)

Dalam pelatihan pembibitan ini, warga yang diajak untuk mengembangkan terlihat cukup bersemangat. Mereka dengan seksama mengikuti arahan dari instruktur pertanian yang ada. Bahkan mereka juga diajari dan praktik langsung menanam. Buah papaya inipun bisa dikembangkan di sekitar rumah atau di pekarangan.

“Ini adalah bentuk nyata atas komitmen Perindo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Dipilihnya papaya Kalifornia, kata Agung, karena nilai ekonomisnya yang cukup tinggi. Pengembangan tanaman ini juga mudah. Nyaris tidak banyak perawatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan meski tidak ada air.

Ke depan, Partai Perindo akan terus melakukan inovasi program yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat guna tercapainya kesejahteraan.

Salah seorang warga, Sunardi menyambut positif kegiatan ini. Dia yakin usaha ini akan mampu menambah penghasilan keluarga. Apalagi yang diberikan oleh Perindo tidak hanya sebatas cara pengembangan dan perawatan saja. Namun, sampai pada upaya pemasaran hasil panen.

“Semoga ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga, dan program Perindo seperti ini sangat membantu,” tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini