nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JPO di Depok Tak Ramah Disabilitas dan Lansia

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 18:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 17 338 1992529 jpo-di-depok-tak-ramah-disabilitas-dan-lansia-4LPyz6CKdp.jpg DPO di Jalan Margonda, Depok tak ada jalur kursi roda dan jarak anak tangga yang tinggi dianggap tak ramah disabilitas. Foto: Okezone/Wahyu Muntinanto

DEPOK – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, tak berpihak kepada penyandang disabilitas dan lansia, salah satunya berada JPO di Jalan Margonda Raya.

Yunita (32), seorang pengguna JPO mengatakan bahwa jembatan di Jalan Margonda Raya memiliki ketinggian anak tangga yang menyulitkan lansia, terlebih tidak adanya jalur kursi roda yang berfungsi bagi penyandang disabilitas.

"Banyak juga anak tangganya, lumayan tinggi. Saya saja yang masih muda lumayan capek, apalagi lansia. Sayangnya JPO ini tidak ada jalan naik dan turun bagi penyandang disabilitas," ujarnya di Margonda, Senin (17/12/2018).

Foto: Okezone/Wahyu Muntinanto

Selain di Margonda, JPO serupa juga ditemui di dekat Stasiun Pondok Cina, Kampus Universitas Gunadarma, Mall Margo City, bahkan depan Pemkot Depok.

Baca: JPO Tosari Bakal Dibongkar, Diganti Pelican Crossing

Baca: Jokowi: Pelican Crossing Memudahkan Masyarakat, Sudah Tepat

"Depok dari mulai Polres, balai kota sampai ujung UI (sepanjang Jalan Margonda), enggak ada akses (penyandang disabilitas) semuanya," lanjut Yunita.

Foto: Okezone/Wahyu Muntinanto

JPO yang tak berpihak kepada penyandang disabilitas dan lansia sudah menjadi tanggung jawab Pemkot Depok. Namun, pemerintah dianggap mengabaikan hak-hak penyandang disabilitas dan lansia guna mendapat akses atau kemudahan ‎menggunakan fasilitas umum.

Fadli (27), pengguna JPO lainnya menyarankan kepada Pemkot Depok bisa mencontoh Pemprov DKI Jakarta yang sudah revitalisasi sejumlah JPO.

"Menurut saya, Depok harus contoh DKI Jakarta yang membuat JPO ramah bagi lansia dan disabilitas. Bisa dilihat tak jauh-jauh di Jalan Simatupang, Jaksel ada kok, tengahnya dibuat untuk jalur kursi roda bukan tangga semua," ujarnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini