nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Molor 1,5 Tahun, Pemkab Tangerang Akhirnya Serahkan 56 Aset ke Pemkot Tangerang

Anggun Tifani, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 03:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 18 340 1992650 molor-1-5-tahun-pemkab-tangerang-akhirnya-serahkan-56-aset-ke-pemkot-tangerang-LVg5MzF0V8.jpg Paripurna DPRD Penyerahan aset Pemkab Tangerang ke Pemkot Tangerang (Foto: Anggun Tifani)

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyerahkan 56 aset miliknya untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang setelah molor 1,5 tahun.

Pembahasan mengenai hal tersebut dilakukan pada rapat penetapan keputusan DPRD terhadap penyerahan aset Kota Tangerang, di Pusat Pemerintahan (Puspemkab)) Tangerang, Senin (17/12/2018).

Menurut Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, permohonan persetujuan barang milik daerah memang harus mendapatkan persetujuan dari anggota DPRD Kabupaten Tangerang.

"Kegiatan hari ini dalam rangka pemindah tanganan aset yang akan diserahkan kepada Kota Tangerang dengan cara hibah," ujar Zaki.

(Baca Juga: Pengangguran di Kabupaten Tangerang Tinggi, Pemkab Siap Bangun Banyak BLK)

Paripurna DPRD penyerahan aset

Terdata, aset Kabupaten Tangerang yang akan diserahkan seluruhnya kepada Kota Tangerang, yakni sebanyak 56 bidang tanah atau bangunan Pemkab Tangerang, yang berada di Kota Tangerang dengan total luas tanah 154.464 m2.

Zaki berharap, adanya hibah aset ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak. "Diharapkan dengan adanya serah terima aset antara Pemkab Tangerang dengan Pemkot Tangerang, dapat bermanfaat dan digunakan dengan baik oleh setiap instansi," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, akan segera melakukan tata kelola aset yang baru saja diserahkan. Dalam hal ini, Pemkot Tangerang juga turut menyerahkan 5 aset untuk Pemkab Tangerang.

"Itu lah (lima aset) yang disepakati. Kan tadi sudah dibicarakan secara bersama-sama. Ini yang dinantikan oleh masyarakat kota dan kabupaten. Sehingga aset bisa dimanfaatkan. Pemkot akan melakukan tata kelola aset yang sudah diserahkan," kata Sachrudin.

Sachrudin mengatakan, salah satu aser yang diberikan Pemkab Tangerang adalah Stadion Benteng, yang kini pengelolaannya telah resmi berpindah ke tangan Pemkot Tangerang.

"Termasuk Stadion Benteng, karena kemarin masih milik Pemkab, kita tak bisa kelola. Setelah diserahkan kita akan tata, baik ruang terbuka atau gedung akan kita kelola untuk kepentinhan publik agar manfaatnya bisa dirasakan," ucapnya.

(Baca Juga: Akhir Tahun, Pemkab Tangerang Berlakukan Jam Operasional Angkutan di Jalan Raya Serang)

Stadion Benteng

Diketahui, 56 aset yang diserahkan Pemkab Tangerang untuk Pemkot Tangerang, bernilai sekira Rp300 miliar. Sedangkan Kota Tangerang menyerahkan aset untuk Kabupaten Tangerang berupa 5 bidang tanah tersebar di 4 kecamatan, Kabupaten Tangerang dengan nilai sekitar Rp5 miliar.

Rencana pemindahtanganan aset ini tertunda 1,5 tahun. Tertundanya pemindahtanganan aset ini dikarenakan ada beberapa aset yang dijadikan joint opname, oleh kedua belah pihak.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini