nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamil Duluan Jadi Penyebab Pernikahan Dini di Pangandaran

Syamsul Maarif, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 20:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 19 525 1993607 hamil-duluan-jadi-penyebab-pernikahan-dini-di-pangandaran-TnJ2WACSaw.jpg Ilustrasi Pernikahan (Foto: Okezone)

PANGANDARAN - Hamil di luar nikah atau hamil duluan jadi salah satu penyebab terjadinya nikah usia dini di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berdasarkan catatan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, jumlah pernikahan dini tahun 2018 tercatat sebanyak 15 pernikahan.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran Nana Supriatna mengatakan, pernikahan dini yang disebabkan hamil di luar nikah merupakan perkawinan yang tidak direncanakan.

"Idealnya pernikahan dilakukan di usia matang. Untuk laki-laki pada usia 25 tahun dan perempuan pada usia 20 tahun," kata Nana.

Nana menambahkan, untuk calon pengantin yang hendak melakukan pernikahan di bawah usia 16 tahun namun menginginkan buku nikah harus melakukan sidang terlebih dahulu.

"Pernikahan dini juga bisa dilatarbelakangi kurangnya pemahaman tentang rumah tangga," tambahnya.

Petugas KUA
(Foto: Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pangandaran Nana Supriatna Saat Menerima Pendaftaran Calon Pengantin/Syamsul)

Baca Juga: BKKBN Keluarkan Terobosan untuk Tekan Risiko Pernikahan Dini

Namun tidak menutup kemungkinan juga lantaran ada paksaan dari orangtua dengan cara dijodohkan.

"Bagi calon pengantin yang hendak melaksanakan pernikahan di usia 17 sampai 20 tahun harus melampirkan surat izin orangtua," papar Nana.

Nana menjelaskan, untuk meminimalisasi terjadinya peningkatan pernikahan usia dini, pemerintah telah melakukan sosialisasi pentingnya usia nikah ideal.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini