nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Heroik Kakak Selamatkan Adiknya di Tengah Kebakaran SPBU

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 00:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 19 609 1993582 kisah-heroik-kakak-selamatkan-adiknya-di-tengah-kebakaran-spbu-LHpOrMWxaf.jpg SPBU terbakar di Makassar (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR - Kebakaran yang terjadi di SPBU Jalan Abdullah Daeng Sirua, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Makassar mengejutkan banyak pengguna jalan dan pengendara di sekitar lokasi. Insiden kebakaran itu bahkan menyisakan kisah heroik seorang kakak yang bertaruh nyawa demi menyelamatkan sang adik dari kobaran api.

Peritiwa menegangkan itu dialami Faisal Aksa (18).Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Ia menjadi korban kebakaran SBPU tersebut saat sedang antre mengisi bahan bakar.

Ia terpaksa harus kehilangan motornya yang ludes terbakar. Faisal menuturkan, sesaat sebelum kebakaran terjadi, dirinya sedang mengantre untuk mengisi BBM bersama adiknya Rijal (12).

"Insiden kebakaran di SPBU begitu cepat. Saya yang hendak melakukan pengisian sementara mendorong motor dalam antrean, tiba-tiba kaget melihat api begitu besar langsung berkobar. Api mengelilingi kami yang sudah ada dalam antrean," kata Aksa mengawali ceritanya kepada Okezone, Rabu 19 Desember 2018 malam.

Para pengendara yang ikut mengantre itu lantas panik dan lari berhamburan meninggalkan motornya untuk menyelamatkan diri. Dalam keadaan genting itu, ia baru menyadari adiknya sedang dalam kepungan api yang berkobar hebat.

SPBU Terbakar di Makassar

"Saya sadar jika saya tak seorang diri tapi bersama adikku (Rijal) yang ternyata dalam kepungan api. Dengan terpaksa saya beranikan diri dan berjibaku dengan api menolong Rijal. Alhamdulillah Rijal berhasil saya evakuasi," tutur Aksa.

"Hanya saja motorku ludes terbakar api dan hanya menyisakan rangka," keluhnya.

Insiden kebakaran ini mengakibatkan seorang pengendara yang belum diketahui identitasnya mengalami luka bakar serius di bagian perut. Korban secepatnya dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan medis. Kebakaran juga ikut menghanguskan dua unit sepeda motor dan sebuah truk.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, saat ini pihaknya telah mengambil keterangan sejumlah saksi di lokasi kebakaran.

SPBU Terbakar di Makassar

"Ada lima saksi yang akan dimintai keterangannnya. Di mana saat proses pengisian ada tiga di SPBU tersebut melakukan pengisian bensin dan dua orang operator akan menjalani pemeriksaan," ujar Kompol Wirdhanto.

Polisi juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan terhadap lima saksi. Rinciannya, tiga orang pengendara yang mengantre isi bensin, sedangkan dua saksi lainnya operator SPBU.

"Selanjutnya, kami akan koordinasi dengan tim labfor di Polda Sulsel untuk bisa membantu terkait pemeriksaan atas kejadian ini. Keterangan sementara dari saksi-saksi sudah kami dalami yang di mana adanya percikan api pada saat pengisian dari mobil truk itu. Ini masih kami dalami," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini