nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TKN Jokowi: Dubes Tiongkok Harus Jelaskan Kondisi Muslim Uighur!

Kamis 20 Desember 2018 19:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 20 18 1994081 tkn-jokowi-dubes-tiongkok-harus-jelaskan-kondisi-muslim-uighur-myr3syCh4j.jpg Etnis Uighur (foto: Reuters)

JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Lena Maryana Mukti mengaku prihatin atas tindakan represif Muslim Uighur di Tiongkok.

“Kami meminta klarifikasi dari Pemerintah Tiongkok melalui Kedubes Tiongkok di Jakarta tentang kondisi sesungguhnya kaum Muslim Uighur di Xinjiang,” kata Lena dalam keterangannya, Kamis (20/12/2018)

 (Baca juga: Minimnya Respons Negara Muslim Terhadap Penindasan Etnis Uighur)

Anggota Komisi I DPR RI ini juga meminta penjelasan kepada Kedubes Tiongkok di Jakarta tentang kondisi seluruh komunitas muslim di Tiongkok.

“Kami juga meminta penjelasan tentang kondisi umum kaum Muslim di Tiongkok,” tuturnya.

 uig

Lebih lanjut, Lena yang juga politisi PPP ini meminta penjelasan tentang kabar adanya re-education camp terhadap muslim Uighur.

 (Baca juga: PBB Klaim 1 Juta Minoritas Etnis Muslim Uighur Ditahan di Kamp-Kamp Politik China)

“Saya juga meminta mengenai pemberitaan adanya re-education camp terhadap etnih Uyghur di Xinjiang,” pungkasnya.

Diketahui, Kedubes Tiongkok di Jakarta dalam rilisnya mengatakan negara melindungi dan menjamin kebebasan beragama, termasuk kaum muslim Uighur. Namun, sebagian masyarakat Muslim Uighur terjangkit ekstremisme dan radikalisme. Re-edication camp ialah upaya melakukan deradikalisasi melalui pendidikan.

 yui

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini