nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tambang Batu Bara Ceko Meledak dan Tewaskan 13 Orang

Indi Safitri , Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 17:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 21 18 1994487 tambang-batu-bara-ceko-meledak-dan-tewaskan-13-orang-nt3ORGRmq4.jpg Foto: Reuters.

KARVINA - Ledakan metana di tambang batu bara Ceko menewaskan 13 orang penambang, termasuk 11 warga negara Polandia dan dua orang Ceko, operator tambang OKD melaporkan pada Jumat, 21 Desember.

Diwartakan Al Jazeera pada Jumat (21/12/18), perusahaan OKD yang dikelola negara itu mengatakan ledakan metana terjadi lebih dari 800 meter di bawah tanah daerah yang hancur dari tambang batu bara CSM, dekat kota Karvina, pada Kamis.

“Karena adanya bencana tambang kemarin, 13 penambang kehilangan nyawa mereka, 11 orang Polandia dan dua orang Ceko,” ujar juru bicara OKD, Ivo Celechovsky pada konferensi pers di televisi.

Menurut kantor berita CTK, insiden tersebut merupakan kecelakaan pertambangan terburuk di Republik Ceko sejak 1990, ketika 30 penambang tewas dalam kebakaran di sebuah tambang dekat Karvina.

OKD mengatakan sebagian besar korban yang terluka ialah penambang Polandia yang berasal dari perusahaan ALPEX.

Direktur pelaksana OKD, Boleslav Kowalczyk mengatakan penyelidikan di tempat kejadian harus ditinggalkan karena kondisi di terowongan.

"Sayangnya, kami telah mencapai titik di mana tidak mungkin untuk bergerak maju karena ada api yang berkobar dan tidak terlihat," katanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini