nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Nyalakan Mobil yang Terkena Air Laut Tsunami Banten, Lakukan Langkah Ini

Mufrod, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 12:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 26 15 1996050 jangan-nyalakan-mobil-yang-terkena-air-laut-tsunami-banten-lakukan-langkah-ini-naNEPZ4484.jpg Mobil terendam banjir di Tsunami Banten (Foto: Ist)

JAKARTA – Musibah Tsunami yang terjadi di Banten beberapa hari lalu, selain menelan korban jiwa, kerugian materil juga dirasakan banyak wisatawan ataupun penduduk wilayah terdampak bencana.

Puluhan mobil bahkan ada yang ditinggal maupun tak sempat diselamatkan para pemiliknya. Bagaimana pertolongan pertama bila mobil mobil yang telah terkena air laut saat tsunami di Banten? Auto2000 membagi tips pertolongan pertama saat mobil terkena tsunami Banten.

 

Kondisi mobil yang habis terkena air laut saat tsunami terjadi, baiknya tidak langsung dinyalakan. Segera cabut kabel negatif pada aki, hal ini untuk menjaga terjadinya korsleting pada kelistrikan mobil yang masih basah setelah terkena air laut.

Jangan aktifkan rem parkir, dan gunakan batu atau masukkan persnelling ke gigi 1(pada transmisi manual) atau posisi P (transmisi matic). Ini untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

Periksa semua oli atau pun minyak, baik itu mesin, transmisi, dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.

 

Apabila kendaraan masih memungkinkan untuk dikendarai, silahkan segera dibawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila kendaraan sudah menggunakan ECU, ini sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam air laut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini