nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Dieng Bikin Lampu-Lampu Bergoyang

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 03:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 26 512 1995905 gempa-dieng-bikin-lampu-lampu-bergoyang-VRyRMuKu7B.jpg Ilustrasi Gempabumi (foto: Shutterstock)

WONOSOBO – Gempa bumi yang mengguncang dataran tinggi Dieng Banjarnegara Jateng sempat mengagetkan warga. Lampu-lampu sempat bergoyang selama beberapa detik. Guncangan gempa juga dirasakan sejumlah kawasan sekitar Dieng.

“Tadi kita mrendapatkan informasi dari warga Kejajar saat gempa mengguncang lampu-lamou dan perabit yang bergelantungan langsung bergoyang,” ujar Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, Selasa (25/12/2018).

loading...

(Baca Juga: Dieng Banjarnegara Diguncang Gempa) 

Menurutnya, hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa berkekuatan 2,6 Skala Richter (SR) yang mengguncang pukul 18.27 WIB. Pusat gempa berlokasi 7.35 LS, 109.92 BT atau 2,5 kilometer timur laut Wonosobo.

“Sampai saat ini belum ada informasi tentang kerusakan. Mungkin karena gempa tersebut skalanya kecil dan dalam waktu singkat. Semoga saja tidak ada dampak kerusakan,” tambahnya.

 

Beruntung, gempa bumi yang mengguncang dataran tinggi Dieng, Banjarnegara tak diiringi gempa susulan. Oleh karenanya masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yg belum terindentifikasi (blind fault),” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, hingga pukul 19.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” ucap dia.

Guncangan gempa berkekuatan 2,6 Skala Richter (SR) pukul 18.27 WIB, di wilayah dataran tinggi Dieng termasuk gempa bumi tektonik. Koordinat episenter berada 7.35 LS dan 109.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2,5 km arah timur laut Wonosobo pada kedalaman 10 kilometer.

(Baca Juga: Sepanjang 2018, Bengkulu Diguncang Gempa hingga 332 Kali) 

“Guncangan gempa ini dirasakan oleh sebagian warga di Dieng dan Batur, Banjarnegara (I – II MMI). Lokasi gempa ini berdekatan dengan even gempa yg terjadi pada 10 Desember 2018 yang berada pada jarak 7 kilometer barat baya Kabupaten Wonosobo,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi gempa melalui akun resmi Twitter BMKG Jateng - Stasiun Klimatologi Semarang @bmkg_semarang. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan dirasakan di Dieng dan Batur Banjarnegara.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini