nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

47 Lukisan Dilaporkan Hilang dari Koleksi Museum Norwegia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 13:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 28 18 1997055 47-lukisan-dilaporkan-hilang-dari-koleksi-museum-norwegia-CxTH6uVCWn.jpg The Scream karya Edvard Munch.

OSLO - Lusinan lukisan yang semula diduga tersimpan dengan aman di dalam koleksi Museum Munch di Oslo, Norwegia ternyata dilaporkan hilang. Penyelidikan yang dilakukan oleh media Norwegia, Dagbladet mengungkap bahwa hampir 50 karya seni, termasuk enam karya dari Edvard Munch, pelukis terkenal Nowegia, tidak diketahui keberadaannya.

Para kurator di Museum Munch terkejut menemukan jumlah lukisan yang hilang ternyata hampir dua kali lebih banyak dari yang mereka duga. Tahun lalu, kepada Dagbladet Museum Munch mengaku tidak bisa menemukan 26 karya seninya, tetapi saat ini, Dagbladet mengonfirmasi bahwa sedikitnya 47 karya seni museum ternyata tidak berada di tempat yang seharusnya, termasuk enam lukisan karya Edvard Munch sendiri.

Elisabeth Munch-Ellingsen, cicit dari saudara laki-laki Edvard Munch, mengungkapkan kesedihannya setelah menemukan begitu banyak lukisan yang hilang dan berharap insiden itu dapat menjadi dorongan bagi museum dan Kota Oslo untuk merawat warisan budaya mereka dengan lebih baik lagi.

Direktur Museum Munch, Stein Olav Henrichsen mengakui bahwa Munch-Ellingsen benar untuk menyatakan kepengurusan karya Munch oleh kota Oslo sebagai hal perlu disesali, tetapi menekankan bahwa Museum Munch belum memiliki kesempatan untuk meninjau kembali arsip koleksinya sejak merger dengan Museum Stenersen delapan tahun lalu. Museum itu berencana untuk pindah ke ruang baru pada 2020 mendatang.

Diwartakan RT, Jumat (28/12/2018), lukisan-lukisan yang hilang adalah bagian dari koleksi Museum Stenersen, 900 karya yang disumbangkan kepada Kota Aker, yang sekarang menjadi bagian dari Oslo, oleh kolektor Rolf E. Stenersen. Karya-karya itu digantung di dinding Sogn Student Village pada 1952 dan tetap berada di sana sampai 1973, ketika lukisan "Story" karya Munch dipotong dari bingkainya dan hilang dibawa pergi oleh pencuri.

Meski “Story” akhirnya ditemukan di sebuah taman dekat tempat kejadian, pemerintah kota memutuskan untuk menurunkan lukisan-lukisan lainnya dari Sogn Student Village.

Setelah 20 tahun disimpan di gudang, koleksi Stenersen akhirnya kembali dipajang untuk publik lagi mulai 1994, ketika Museum Stenersen dibuka di Oslo. Pada 2010, Museum Munch mengambil alih koleksi, yang mencakup karya-karya Erik Harry Johannesen, Ludvig Karsten, dan Kai Fjell, selain juga karya-karya Munch.

Bahkan di Museum Munch, karya-karya sang pelukis belum benar-benar aman - dua dari karyanya yang paling terkenal, "The Scream" dan "Madonna," dicuri di siang hari bolong pada 2004 oleh dua orang bersenjata yang merobeknya dari tembok, mengancam turis. dan staf museum. Kedua lukisan itu ditemukan dua tahun kemudian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini